Gelar Hahal Bihalal, Gubernur Tekankan Kedamaian Masyarakat

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Gubernur Soekarwo dan Wagub Saifullah Yusuf menggelar halal bihalal di Halaman Kantor Gubernur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Kamis (23/7/2015). Dalam acara yang dihadiri sejumlah anggota Forpimda Jatim, bupati/walikota, masyarakat umum, dan PNS pemprov tersebut, Soekarwo menegaskan momentum halal bihalal harus bisa menjadi barometer kedamaian di daerah-daerah lain.

Acara halal bihalal di Halaman Kantor Gubernur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Kamis (23/7/2015)

Budaya halal bihalal, kata Pakde (sapaan akrab Soekarwo), tak semata-mata mengandung nilai agama. Namun ada sisi kulturalnya, dimana silaturahim bisa mempertemukan saudara dari berbagai kultur. Akulturasi budaya dan agama ini bisa menjadi rahmatan lil alamin.

Selain itu, lanjut Pakde Karwo, budaya halal bihalal memberikan nilai positif dimana nilai khas jawa timuran, gotong royong dan saling menyapa terus dilestarikan. Saat masyarakat kembali kota, mereka kembali ke rutinitas harian dan menjadi tidak individualistis.

Menurut PakDe, hal ini penting karena kondisi geografis dan geopolitiknya berada di tengah, dan sangat strategis. Sehingga jika terjadi gesekan atau gangguan sedikit saja di Jatim akan mempengaruhi stabilitas dan kebutuhan kurang lebih 120 juta penduduk Indonesia.

“Kami akan menjaga kondisi Jatim selalu kondusif, dan warganya tidak terprovokasi oleh kasus di Tolikara Papua. Selain itu para ulama dan umaro di Jatim bertemu, dan berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menolak radikalisme,” tegasnya.

Halal bihalal ini sendiri dihadiri beberapa pejabat di Jatim, diantaranya, Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko S. Sos., Kapolda Jatim Dr. Drs. H. Anas Yusuf, Dipl.krim, SH, MH, MM., Ketua MUI Jatim KH. Agus S. Bukhori, Ketua DPRP Jatim Abdullah Halim Iskandar, serta seluruh staf kantor Gubernur Jatim.

Khusus Bupati dan Wali Kota, yang berjabat tangan dengan Gubernur dan Wakil Gubernur antara lain, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Lamongan Fadeli, Wali Kota Malang M Anton, Bupati Jombang Nyono Suharli, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, dan Bupati Tuban Fathkul Huda. (Edmen Paulus)

Leave a Reply