Jawa Timur Siap Jadi Lokasi Venue FIFA U-20 World Cup 2021

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2021, langsung disikapi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan mengajukan diri sebagai salah satu lokasi venue penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021.

Bahkan Gubernur Jatim Khofifah Indra Parawangsa langsung menelpon Menpora Zainudin Amali agar satu di antara venue yang digunakan untuk penyelanggaraan Piala Dunia U-20 ada di Jawa Timur.

“Saya bertelepon dengan Pak Menpora Zainudin Amali agar salah satu venue yang rencananya untuk FIFA U-20 World Cup 2021 ada di Jawa Timur. Dan saya sudah sampaikan bahwa ada beberapa opsi stadion yang siap ditinjau agar cukup waktu dibenahi jika ada kekurangan,” kata Khofifah, Jumat (25/10/2019).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

Khofifah juga menambahkan bahwa ada sejumlah stadion yang dinilainya bisa menjadi kandidat digelarnya event skala internasional kelas dunia. Seperti Gelora Bung Tomo di Kota Surabaya, Stadion Kanjuruhan di Malang, Stadion Suryajaya di Lamongan, Stadion Bumi Wali di Tuban, serta beberapa lagi di daerah lain.

“Tapi kita memang harus melakukan assessment internal. Untuk itu, Menpora Insyaallah akan memprioritaskan kunjungan ke Jawa Timur sekalian meninjau stadion yang ada di Jawa Timur untuk dilihat mana yang mungkin paling mendekati kualifikasi untuk dijadikan venue FIFA U-20 World Cup. Tentu kita juga harus  mengkordinasikan dengan PSSI agar komprehensif,” ucapnya.

Sejauh ini yang dinilai FIFA cocok dijadikan venue untuk world cup di  Indonesia, menurut Khofifah, adalah  Gelora Bung Karno. Karena dari segi fasilitas, kapasitas, kualitas, serta  sekuritas di GBK paling memenuhi standar event internasional.

“Saya minta Menpora bersama PSSI berkenan melihat stadion yang ada di sini, sebelum di kunjungi tim FIFA untuk diputuskan sebagai venue world cup FIFA U-20 tahun 2021 nanti. Kita berusaha satu dari 10 venue piala dunia itu  ada di Jawa Timur,” lanjut Khofifah.

Menpora Zainuddin Amali yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo menurut Khofifah, akan segera melakukan kunjungan di Jawa Timur. Terutama lantaran Jawa Timur juga menjadi daerah pemilihannya saat menjadi anggota DPR RI, sebelum akhirnya dipilih Presiden Jokowi sebagai Menpora.

“Pak Menpora menyampaikan akan menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi untuk kunjungan pertamanya. Karena dapilnya saat pileg kemarin di Jawa Timur,” pungkas Khofifah. (men)

Leave a Reply