2.4 C
New York
Minggu, Januari 10, 2021

Buy now

Jonan : Pembangunan Trem di Surabaya Mundur




SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Proyek pembangunan angkutan massal cepat (AMC) jenis trem di Surabaya dipastikan batal dimulai tahun ini. Sebab megaproyek ini masih membutuhkan pendalaman dan studi kelayakan. Hal ini diakui Menurut Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan kepada wartawan setelah menjadi keynote speaker Airlangga Accounting International Conference (AAIC) di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (3/6/2015).

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan di acara Airlangga Accounting International Conference (AAIC) di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (3/6/2015).
“Trem di Surabaya masih dalam tahap penyelesaian studi kelayakan, dan diharapkan selesai tahun ini, Begitu juga pembangunan infrastruktur mulai dilakukan tapi kecil dulu tahun ini. Tahun depan baru besar,” kata Jonan

Jonan menjelaskan, Pemerintah Pusat menargetkan proyek AMC jenis trem di Surabaya diharapkan bisa dioperasikan pada tahun 2017. Apalagi proyek AMC Surabaya sudah masuk dalam Rancangan Program Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) atau Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) 2015-2019.

“Supporting (dukungan) dari dana APBN untuk pembangunan proyek trem ini, totalnya mencapai triliun-an rupiah. Untuk angka pastinya saya lupa,” kata Jonan.

Jalur trem itu nantinya akan membentang sepanjang 17 kilometer. Di selatan dimulai dari Wonokromo-Kebun Binatang Surabaya (KBS)-Jalan Pandegiling-Embong Malang-Kedungdoro-Pasar Blauran-Pasar Turi. Selanjutnya menuju Surabaya utara (Indrapura), memutar ke arah Jalan Rajawali-Jembatan Merah-Tugu Pahlawan-Jalan Tunjungan-Jalan Panglima Sudirman dan kembali lagi menuju Wonokromo.

Trem yang berbahan bakar teknologi baterei itu nantinya akan memiliki 29 titik pemberhentian dan jarak tiap halte antara 1,5 hingga 2 kilometer. Trem juga akan dilengkapi dengan dua gerbong dengan kemampuan muat sebanyak 200 orang dengan kecepatan rata-rata 30 kilometer per jam. Gerbong trem didatangkan dari luar negeri. (Edmen Paulus)




Related Articles

Stay Connected

21,323FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles