Koarmatim Bina Preman dan Pengangguran Wilayah Surabaya

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar pembinaan ketahanan wilayah yang diikuti 100 peserta, terdiri dari para preman dan pengangguran di wilayah Surabaya, Senin (21/3/2016).

Koarmatim Bina Preman dan Pengangguran Wilayah Surabaya

Usai penyematan tanda peserta, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto mengatakan, system pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya lainnya.

Dengan dasar itulah, pemerintah melalui TNI memiliki tugas menyiapkan secara dini dan menyelenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut, untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman sesuai dengan UUNo 34/2004 tentang TNI. Khususnya pada pasal 7 (2) huruf b angka 8 yaitu TNI bertugas memberdayakan wilayah pertahahan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan Sishanta.

“Pembinaan ketahanan wilayah yang dilaksanakan di Koarmatim ini, seluruh peserta akan diasramakan di mess Kolat Koarmatim selama 30 hari, untuk mengikuti seluruh agenda kegitan,” katanya.

Pembinaan ketahanan wilayah ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan untuk membangun generasi muda yang disiplin, semangat, kreatif, inovatif dan bermartabat, serta bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara.

“Melalui program ini diharapkandapat membentuk sikap mental yang baik, memiliki rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta memiliki kemampuan awal bela negara,” terangnya.

Pangarmatim berharap setelah mengikuti kegiatan ini seluruh peserta memiliki disiplin semangat, etos kerja yang tinggi, berwawasan kebangsaan memiliki kemampuan awal untuk bela Negara secara psychis maupun fisik.

“Para peserta akan di diarahkan sebagai tenaga-tenaga kerja yang siap pakai. Kegiatan ini juga sebagai bentuk perhatian TNI kepada masyarakat,” tutur Pangarmatim.

Acara pembukaan yang juga diramaikan dengan demonstrasi Karate, Taekwondo, dan pencak silat oleh prajurit Koarmatim ini dihadiri Kasarmatim Laksma TNI Mintoro Yulianto, para Pejabat Utama Koarmatim, para Komandan KRI yang berada di pangkalan, Kasatpol PP Tanjung Perak, perwakilan Kesbang Linmas Kota Surabaya, serta dr. David yang siap membantu menyalurkan mantan peserta pembinaan ke lapangan-lapangan pekerjaan.

Usai melaksanakan upacara pembukaan para peserta Bintahwil mengikuti program kunjungan ke KRI Dewaruci yang sandar di Dermaga Koarmatim. (KJ/EP)

Leave a Reply