Komandan Lantamal V Buka Sosialisasi Bahan Ajar Hukum Humaniter Internasional Ta.2019

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono,  S.H., CHRMP mewakili Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M, membuka Sosialisasi Bahan Ajar Hukum Humaniter Internasional Ta.2019, Jumat (22/11).

Sosialisasi yang digelar di Auditorium Puslat Kapal Perang, Ujung, Surabaya ini, diikuti seluruh perwira dijajaran Koarmada ll dan menghadirkan nara sumber kompeten dibidangnya, antara lain Kolonel Laut (KH) Joko Sulistyanto, S.H.M.H (Sekretaris Dinas Hukum Angkatan Laut), Kolonel Laut (KH) Priambodo, S.H.M.H. (Kasubdis Kumlater Duskumal) dan Letkol Laut (KH) Dedi.E Susilo, SH.,M.Pd (Kasikumint Diskumal).

Komandan Lantamal V Buka Sosialisasi Bahan Ajar Hukum Humaniter Internasional Ta.2019

Pangkoarmada II dalam amanatnya yang dibacakan Danlantamal V mengatakan, dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis dewasa ini,  tuntutan tugas TNI AL yang begitu kompleks dan keterbatasan pengetahuan tentang Hukum Humaniter Internasional yang dimiliki oleh sebagian besar prajurit TNI AL, tentunya sangat berdampak besar terhadap kesuksesan dalam pelaksanaan tugas.

“Secara umum, Hukum Humaniter Internasional atau yang sering disebut hukum kemanusiaan internasional, merupakan hukum konflik bersenjata yang dijadikan landasan utama bagi TNI dalam melaksanakan operasi militer untuk perang,” terangnya.

Menurutnya, sosialisasi yang diselenggarakan ini, pada hakikatnya memiliki makna yang sangat penting dan strategis bagi para perwira Koarmada II. Kegiatan ini sangatlah  relevan apabila dikaitkan dengan tugas dan tanggung jawab sebagai  seorang prajurit TNI.

“Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini, saya menekankan kepada seluruh perwira di lingkungan Koarmada II untuk memanfaatkan  momen yang baik ini semaksimal mungkin perhatikan dan cermati secara seksama apa yang  disampaikan, sehingga akan menjadi  sesuatu yang  berguna bagi diri kita  dan organisasi,” pintanya.

Dilaksanakanya sosialisasi ini lanjutnya, diyakini akan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman setiap prajurit Koarmada II tentang Hukum Humaniter Internasional, menurut hukum  nasional dan internasional  yang selanjutnya mampu  diterapkan dalam setiap operasi.

“Kepada tim sosialisasi dari Dinas Hukum TNI Angkatan Laut, saya atas nama seluruh prajurit Koarmada II menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi bahan ajar Hukum Humaniter Internasional di Koarmada II,” pungkasnya. (men)

Leave a Reply