Komandan PMPP TNI Pantau Latihan Harbour Phase Maritime Task Force TNI

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Brigjen TNI A.M. Putranto, S.Sos. meninjau langsung pelaksanaan Latihan Harbour Phase Maritime Task Force TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 di KRI John Lie -358, Dermaga Ujung Koarmatim (04/04).

Sebelum pelaksanaan latihan, Dan PMPP TNI memberikan pengarahan singkat kepada seluruh Perwira Satgas Maritim TNI di Lounge Room Perwira KRI JOL – 358.

“Saya bangga dengan semangat Prajurit MTF TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 yang telah ikhlas belajar dan berlatih selama Pre Deployment Training (PDT)”, katanya, Selasa (5/4/2016).

Dilanjutkan dengan sambutan Komandan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, S.E.
Dalam sambutannya Dansatgas menyampaikan bahwa seluruh Prajurit MTF siap berangkat dan mengemban amanah bangsa dan negara untuk menjaga perdamaian dunia dengan menjadi salah satu unsur Satgas UNIFIL serta akan selalu berbuat yang terbaik.

Menurutnya, latihan Harbour Phase akan meningkatkan keterampilan, kemampuan dan pengetahuan prajurit secara individu dan kelompok serta interface dengan peralatan sehingga dapat dicapai kemampuan sesuai yang dipersyaratkan.

Selain itu latihan ini akan meningkatkan kemampuan personel dan mengecek kesiapan teknis semua peralatan agar mampu mendukung operasi perdamaian PBB di Beirut Lebanon.

Setelah arahan Komandan PMPP TNI dan sambutan Komandan Satgas, seluruh Prajurit Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 yang terdiri dari 93 Prajurit KRI JOL – 358, 7 crew Helly NV – 410, 1 Perwira Penerangan, 1 Dokter, 1 Perwira Psikologi, 1 Perwira Hukum, 1 Perwira Intelijen, 1 Bintara Kopaska dan 1 Bintara Penyelam melaksanakan Latihan Harbour Phase tepat pukul 09.00 WIB yang dinilai langsung oleh tim penguji dari Kolat Armatim.

Latihan Harbour Phase terdiri dari Hailing Procedures, Helly Deck Party Exercise, Gunnery Exercises, Boarding Exercise, Mailbag Transfer serta Damage Control. Semua latihan tersebut dilaksanakan dan disesuaikan dengan kondisi sebenarnya di penugasan nanti.

Di sela-sela latihan, Komandan PMPP TNI yang didampingi oleh Komandan Satgas, Komandan Satlat PMPP TNI Kolonel Arh Dikdik Setiadi dan Staf Ahli Pangarmatim Kolonel Laut (P) Agus Hariadi turut berbaur bersama prajurit untuk menyaksikan dan menilai langsung pelaksanaan Harbour Phase, karena tampak sesekali Dan PMPP TNI bertanya kepada prajurit.

Setelah pelaksanaan peran peninggalan, pada pukul 13.00 WIB seluruh tahapan latihan Harbour Phase selesai dan dilanjutkan dengan evaluasi oleh Pasops Kolat Armatim Letkol Laut (P) Tamoni, Wadan Satgas Letkol Laut (P) Dodi Hermanto dan Kepala Divisi Pusat Informasi Tempur (PIT) Kapten Laut (P) Febi Awal Romasyah di Geladak Heli KRI JOL – 358.

Setelah evaluasi, seluruh Prajurit Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 bergerak menuju Puslat Kaprang Kolat Armatim untuk mengikuti pembekalan dari Brigjen TNI A.M. Putranto, S.Sos, selaku Komandan PMPP TNI.

“Sekali lagi saya bangga dan saya ucapkan terima kasih atas semangat yang para prajurit tunjukkan pada Harbour Phase hari ini. Saya yakin kalian siap berangkat ke Lebanon, sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” pungkas Jendral bintang satu ini menutup pembekalannya. (RED)

Leave a Reply