Konjen Jepang Buka Puasa Bersama Peserta Program undangan Pondok Pesantren

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Yoshiharu Kato, menggelara acara buka puasa bersama dengan ustaz/ustazah Pondok Pesantren dari seluruh Propinsi Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, di Kediaman Konjen di Jl. Dharmahusada di Surabaya Timur.

12 ustaz/ustazah Pesantren beserta keluarganya ini merupakan ustaz/ustazah Pesantren yang pernah berkunjung ke Jepang atas program undangan Pemerintah Jepang, yang bertujuan untuk meningkatkan saling pengertian antara masing-masing agama dan mempererat persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

Konjen Jepang Buka Puasa Bersama Peserta Program undangan Pondok Pesantren

Selama 10 tahun (sejak 2004), sebanyak 138 orang di seluruh Indonesia telah mengikuti program ini. Dan 22 orang diantaranya berasal dari Propinsi Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, yaitu wilayah wewenang Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya.

Dalam sambutannya, Yoshiharu Kato menyampaikan bahwa sebagaian besar penduduk di Jepang beragama Budha atau Shinto, bukan agama Islam. Tetapi disana ada banyak kemiripan antara kaum Muslim dan orang Jepang dalam cara pandang dan cara hidup.

“Kaim percaya Indonesia dan Jepang dapat saling bekerjasama dengan baik tanpa adanya konflik dan perselisihan,” terang Yoshiharu yang sudah hampir 35 tahun berpengalaman sebagai staf Kementerian Luar Negeri Jepang, dan bekerjasama dengan kaum Muslim di Indonesia.

Acara buka puasa bersama dengan staf Konjen Jepang di Surabaya dan Peserta Pondok Pesantren dari Jatim, Kaltim dan Kalsel, dilaksanakan kedua kalinya pada tahun ini. Pihak Konjen Jepang berharap acara seperti ini terus diadakan dan bisa membantu untuk memperkuat hubungan antara kedua negara. (EP)

Leave a Reply