KPU Surabaya Lakukan Pemutakhiran Daftar Pemilih

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Meskipun tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2015 telah tuntas dilaksanakan, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap berkomitmen untuk melakukan perbaikan data pemilih. Ini sejalan dengan Surat Edaran Nomor 176/KPU/IV/2016 KPU RI, yang menginstruksikan KPU kabupaten/kota untuk melaksanakan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan.

KPU Surabaya Lakukan Pemutakhiran Daftar Pemilih

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data, Nurul Amalia, mengungkapkan KPU Kota Surabaya akan memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilu atau Pemilihan berikutnya.

Nurul memaparkan, terdapat tiga data yang dijadikan dasar untuk pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. Pertama, data pemeliharaan daftar pemilih pemilihan sebelumnya.

“Maksudnya, pemilih yang telah dicoret dari DPT karena tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih, sehingga harus dikeluarkan dari DPT atau DPT Tambahan 1,” terangnya.

Kedua, Daftar Pemilih Tambahan 2 (DPTb-2) Pemilihan sebelumnya. Ini adalah jenis pemilih yang pada saat pemungutan suara pemilihan sebelumnya menggunakan KTP/KK/Paspor sesuai dengan domisili karena tidak terdaftar di DPT dan DPTb-1.

Ketiga, data mutasi penduduk yaitu data pergerakan penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih baik yang datang ataupun keluar dari wilayah. Data mutasi keluar digunakan untuk mencoret pemilih. Sedangkan data mutasi masuk digunakan untuk menambahkan pemilih.

Keempat, laporan langsung. pemilih yang berdomisili di Kota Surbaya dapat melaporkan diri atau keluarganya ke KPU Surabaya untuk memperbaiki data atau pindah keluar/masuk yang dibuktikan dengan identitas kependudukan dan mengisi formulir.

Selanjutnya, hasil pemutakhiran data pemilih akan langsung diaplikasikan pada sistem informasi data pemilih (SIDALIH). Pemutakhiran ini dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga pada saat Pemilu atau Pemilihan, daftar pemilih sudah ada perbaikan dan tinggal meng-update perubahan yang terjadi,” jelas Nurul.

Ia juga menambahkan, formulir tanggapan dan masukan masyarakat terhadap daftar pemilih berkelanjutan diunggah di website www.kpu-surabayakota.go.id.

“Silakan diunduh dan disampaikan kepada KPU Kota Surabaya apabila ada perubahan data pemilih. Karena dengan partisipasi dari masyarakat ini, kami berharap bahwa kedepan akan ada perbaikan data pemilih untuk pemilu atau pemilihan selanjutnya,” pungkas Nurul. (EP)

Leave a Reply