KRI Bung Tomo 357 Jadi Tulang Punggung MTF UNIFIL

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Rear Admiral (RADM) Flavio Macedo Brasil selaku Maritime Task Force (MTF) Commander didampingi RADM. Claudio Henrique Mello De Almeida sebagai pengganti MTF Commander melakukan kunjungan ke KRI Bung Tomo 357 yang sedang melaksanakan patroli di AMO (Area of Maritime Operations), menggunakan Helly Link AH-11A Brasil, Jumat (19/2/2016).

Rear Admiral (RADM) Flavio Macedo Brasil selaku Maritime Task Force (MTF) Commander didampingi RADM. Claudio Henrique Mello De Almeida sebagai pengganti MTF Commander melakukan kunjungan ke KRI Bung Tomo 357 yang sedang melaksanakan patroli di AMO (Area of Maritime Operations), menggunakan Helly Link AH-11A Brasil, Jumat (19/2/2016)

Kunjungan MTF Commander dan calon penggantinya tersebut bertujuan untuk mengetahui secara langsung kegiatan yang dilaksanakan KRI Bung Tomo 357 di Area of Maritim Operation Zona 2 sebagai salah satu Unit MTF Unifil dari Kontingen Garuda XXVIII H Unifil, yang saat itu sedang melaksanakan pengamanan daerah latihan penembakan ‘STEEL STORM’ antara LAF (Lebanon Armed Force) Navy Lebanon dengan Unifil.

Dari wing bridge KRI Bung Tomo 357 kedua Laksamana dengan bintang dua tersebut menyaksikan “cross deck” helly TNI AL BO-105 NV-414 Indonesia dan Helly Link AH-11A Brasil secara bergantian melakukan maneuver “Touch and Go” di helly Pad KRI Bung Tomo 357 dan CV Barroso Brasil.

Kegiatan peninjauan dilanjutkan ke sejumlah Pos Tempur untuk melihat kesigapan Prajurit dalam mengawakti system senjata modern dalam pelaksanaan tugas harian sebagai UN Peace Keeper.

Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, S.T. selaku Komandan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII H Unifil dalam paparannya menyampaikan konstribusi yang telah dilaksanakan baik terhadap aspek Militer, Diplomasi maupun aspek lainnya yang telah dilaksanakan oleh Satgas Maritim TNI Konga XXVIII H Unifil.

Sementara Rear Admiral Flavio Macedo Brasil menyampaikan bahwa KRI Bung Tomo 357 menjadi tulang punggung / back bone bagi MTF dalam pelaksanaan tugas yang diemban selalu menampilkan keseriusan. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian operasi yang begitu menonjol dibandingkan unit lainnya.

Terhitung sejak in chope pada bulan Oktober 2015 sampai dengan tanggal 19 Februari 2016 total hailing oleh KRI Bung Tomo 357 sebanyak 586 kapal, pendeteksian terhadap penerbangan militer sebanyak 160 kali, terlibat secara aktif sebagai MIO Commander (Maritime Interdiction Operation), HEC (Helly Element Control), perumusan / amandement terhadap berbagai referensi yang digunakan Unifil seperti Standart Operations Procedure (SOP) Aviations, ROE (Rule of Engagement) and STIR, latihan bersama antar unit MTF dari Jerman, Yunani, Bangladesh, Brazil maupun pemberian pelatihan kepada personel LAF (Lebanon Armed Force) Navy serta aktif dalam berbagai misi diplomasi yang dilakukan baik kerjasama dengan Indonesian Embassy maupun secara mandiri dengan berbagai pihak dari berbagai Negara.

Performa yang ditunjukkan KRI Bung Tomo 357 telah memberikan andil yang cukup besar terhadap kredibilitas Unifil dalam pelaksanaan tugasnya menciptakan perdamaian di Lebanon. Transfer of Authority MTF Commander dari Rear Admiral (RADM) Flavio Macedo Brasil kepada RADM. Claudio Henrique Mello De Almeida akan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2016 di Beirut Lebanon. (EP)

Leave a Reply