KRI Makassar-590 Angkut Pemudik Kembali Ke Jakarta

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Usai merayakan Idul Fitri 1436 H bersama keluarga dan sanak saudara di kampung halaman, pada H+3 Lebaran yakni Selasa kemarin (21/7) sedikitnya 610 orang pemudik kembali ke Jakarta. Mereka menggunakan kapal perang milik TNI AL KRI Makassar-591.

Anggota TNI AL saat mendata penumpang sebelum berlayar ke Jakarta

Kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) yang bermarkas di Komando Armada RI Kawasan Timur tersebut, berangkat dengan membawa para pemudik dari Dermaga Jamrud Utara pada pukul 16.00 Wib. Dan bila sesuai jadwal kapal akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Kamis pagi (23/7/2015).

Keberangkatan kapal perang yang dikomandani Letkol Laut (P) L. Mondo S. Sianipar tersebut dilepas langsung oleh Asops Danlantamal V Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi, GM Pelindo III, Direktur KPLP Tanjung Perak, Kepala Otoritas Pelabuhan, serta para perwira staf Lantamal V di Gedung Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak.

Sementara dari 610 orang pemudik sebagian diantaranya yakni sekitar 135 pemudik membawa sepeda motor. Dengan tertib mereka mengikuti registrasi yang diwajibkan petugas sebelum naik ke kapal.

Proses keberangkatan para pemudik dari Surabaya kembali ke Jakarta ini terbilang lancar dan tertib. Hal tersebut tidak lepas dari kerjasama para petugas gabungan dari TNI AL, KP3 Tanjung Perak, Pelabuhan, dan bantuan dari anggota Saka Bhayangkara Polres Tanjung Perak Surabaya.

Seperti diberitakan sebelumnya, jika TNI AL kembali menggelar program mudik gratis naik kapal laut pada Lebaran tahun ini. Dengan menggunakan beberapa KRI jenis LPD seperti KRI Banda Aceh-593, KRI Surabaya-591, dan KRI Makassar-590, sebanyak ribuan orang pemudik dengan tujuan berbagai daerah yang terletak di Jawa Timur dan Jawa Tengah dapat terangkut.

Program mudik gratis dengan KRI yang diprakarsai TNI AL ini secara tidak langsung turut menekan angka kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya, selain juga menjadikan arus mudik pada tahun ini berjalan lebih aman, tertib, dan lancar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. (Pen/red)

Leave a Reply