Kunjungan Wisman ke Surabaya Baru Terealisasi 70 Persen

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Jumlah kunjungan wisatawan asing (Wisman) ke Surabaya tahun ini nampaknya belum mencapai target. Kepala Disbudpar Kota Surabaya Wiwiek Widayati menyatakan sampai bulan November ini capaian target kunjungan wisatawan ke Surabaya masih 70 persen. Untuk itu agar target kunjungan wisman bisa tercapai pada akhir tahun bakal digelar banyak kegiatan agar bisa menarik wisatawan lebih banyak ke Surabaya.

“Tahun lalu kunjungan untuk wisatawan lokal ada satu juta. Sedangkan wisman ada 15 juta orang. Kalau tahun ini kita targetkan ada pertumbuhan 10-15 persen. Saat ini baru tercapai 70 persen,” kata Wiwiek, kemarin. (9/11/15).

Ia menyatakan, meskipun beberapa waktulalu ekonomi indonesia sedang terpuruk namun Wiwiek mamastikan hal tersebut tidak mempengaruhi kondisi pariwsisata di Surabaya.

Khususnya untuk kedatangan wisatawan asing. Justru kunjungannya semakin bertambah. “Berdasarkan pengalaman tidak ada pengaruh ya. Justru malah bertambah. Itu menguntngkan bagi kita,” terang Wiwiek.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mempromosikan besar besaran kegiatan Parade Surabaya Juang. Kegiatan ini adalah puncak acara peringatan hari pahlawan di Surabaya. Promosi dilakukan lewat banyak media. Mulai media cetak, elektronik hingga jejaring sosial. Terbukti dalam gelaran tahunan kali ke tujuh itu, cukup banyak didatangi turis manca negara.

Seperti yang tampak di depan Hotel Majapahit. Tampak banyak bule yang berebut mengambil gambar saat upacara seremonial penyerahan senjata oleh veteran ke jajaran forpimda. Mereka juga tampak kagum saat dilakukan pembacaan puisi dari atas gedung.

“Saya datang dengan ibu saya kesini untk berlibur. Ke sejunlah kota sepert Jogyakarta dan Bali, tapi untk surabaya kami cari waktu yang pas dengan parade ini,” kata wanita usia 27 ini.

Tak hanya Claire, hal serupa juga dilakunan oleh Marij. Wanita berusia 47 ini datang ke Surabaya bersama saudaranya yang tinggal di Singapura. Ia mengaku dapat informasi tentang parade Surabaya Juang melalui twitter.

“Ingin melihat secara langsung, terlebih sejarah Indonesia tak lepas dari Belanda. Sangat menarik melihat pawai dengan kostum perang dan membawa tank,” katanya. (KS1/RED)

Leave a Reply