Lantamal V – Gramedia Sukses Kumpulkan 1.000 Kantong Darah

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) bekerjsama dengan Gramedia sukses mengumpulkan 1.000 kantong darah dalam Aksi sosial donor dalam rangka Hari Dharma Samudera 2016 dan HUT ke-46 Gramedia yang digelar di Lapangan Yos Sudarso Mako Lantamal V Surabaya, Senin (29/2/2016).

Gus Ipul saat menghadiri Aksi sosial donor dalam rangka Hari Dharma Samudera 2016 dan HUT ke-46 Gramedia yang digelar di Lapangan Yos Sudarso Mako Lantamal V Surabaya, Senin (29/2/2016)

Aksi sosial yang bertemakan “Donorkan Darahmu, Ayo!! Menjadi Pahlawan” ini, dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. Saefullah Yusuf atau Gus Ipul, Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.Ap, Corporate Communication Director Gramedia Widi Krestawan, Wadan Lantamal V Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto, S.E.,M.M. dan tamu undangan lainnya lainnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 07.00 Wib ini terlihat ramai dan meriah, bahkan dua tenda besar yang difungsikan untuk rumah sakit lapangan milik RSAL Dr. Oepomo yang diawaki Unit Tranfusi Darah PMI Gresik dan PMI Surabaya, langsung diserbu para pendonor.

Kemeriahan lainnya tampak dari tenda-tenda yang dibangun disekeliling lapangan Mako Lantamal V yang dibuat mandiri oleh masing-masing Kotama TNI AL Wilayah Surabaya. Keberadaan tenda-tenda tersebut tampak asri, rapih dan unik dengan berbagai kreasi dari masing-masing Kotama, pasalnya kreatifitas mereka akan dinilai dalam lomba tampilan tenda terbaik.

Peserta lomba tenda terbaik tersebut berasal dari Koarmatim, Kobangdikal, AAL, Lantamal V, Puspenerbal, Dispesial, Pasmar-1, STTAL, Unit Pelaksana Teknis Mabesal yang berada di Surabaya dan Jalasenastri Korcab V. Pelaksanana donor darah tersebut, sempat mendapat kunjungan dari Wagub Jatim, Danlantamal V,  Corporate Communication Director Gramedia dan pejabat lainnya bahkan mereka mengunjungi tiap tenda peserta lomba.

“Saya sangat mengapresiasi kerja bareng Lantamal dan Gramedia dalam pengumpulan 1.000 kantong darah ini, mudah-mudahan aksi ini mampu membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan khususnya di Jawa Timur ini,” terang Gus Ipul.

Sementara itu Danlantamal V mengatakan bahwa Lantamal V sebagai salah satu pangkalan TNI AL memiliki tugas pokok, dimana kegiatan donor darah dengan menggandeng Gramedia ini merupakan salah satu pemberdayaan yang ditujukan untuk kemaslahatan umum. Hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dimiliki TNI.

“Sebagai prajurit harus merasa terpanggil, karena dengan memberikan darahnya secara sukarela kepada orang lain, adalah salah satu aksi nyata dari jiwa kepahlawanan. Setetes darah begitu berguna bagi sesama yang membutuhkan,” terang Rudy sapaan akrab Danlantamal V ini.

Donor darah di Lantamal V ini merupakan salah satu titik dari 46 titik donor darah yang digelar Gramedia, dan menjadi titik terbesar dengan target 1.000 kantong darah. (EP)

Leave a Reply