Mudik Lebaran, PNS Boleh Pakai Mobil Dinas

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Penggunaan kendaraan dinas menjelang lebaran selalu menjadi plemik setiap tahunnya. Namun tahun ini sepertinya hal itu tidak akan terjadi karena Gubernur Jatim Soekarwo akan membolehkan para PNS menggunakan mobil dinas (mobdin) untuk dibawa saat mudik lebaran nanti.

Gubernur Jatim Soekarwo

“Daripada dikumpulkan di satu tempat lebih baik dibawa pemegang mobdin sekaligus menjaganya. Kalau dikumpulkan di kantor juga susah, karena harus ada yang menjaga. Malah kadang menjadi rusak,” kata Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Soekarwo, setelah pelantikan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Rabu (17/6/2015).

Pakde Karwo menilai kebijakan yang telah dikeluarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chirnandi yang memperbolehkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) menggunakan kendaraan dinas untuk keperluan mudik, sudah tepat.

“Tahun lalu memang memakai kendaraan dinas untuk mudik dilarang karena ada edaran KPK, tapi tahun ini dengan alasan efektifitas dan keamanan, Pemerintah Jawa Timur mengizinkan kendaraan dinas untuk keperluan mudik lebaran,” jelas Pakde.

Meski begitu menurut Pakde Karwo, kendaraan dinas yang dibawa mudik harus menjadi tanggungan penuh penggunanya. Dan kalau ada kerusakan harus menjadi tanggungjawab mereka.

Soekarwo juga mengatakan, penggunaan mobil dinas sebenarnya sangat fleksibel. Bahkan jika mobil tersebut harus digunakan oleh orang yang bukan PNS tetap dibolehkan asalkan penggunaannya memang cukup mendesak misalnya untuk membantu orang yang sedang sakit.

Sementara itu, terkait penggunaan mobil dinas untuk keperluan mudik lebaran, Soekarwo mengaku tidak akan mengeluarkan surat edaran melainkan akan menunggu keputusan final dari pemerintah pusat maupun surat edaran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kita tunggu dulu surat resmi dari pemerintah pusat maupun KPK,” pungkas Soekarwo. (Edmen Paulus)

Leave a Reply