20.2 C
New York
Rabu, Juni 16, 2021

Buy now

Pangarmatim : Alki II dan III Munculkan Ancaman Di Perairan Wiltim Indonesia




SURABAYA Kondisi dan posisi geografis perairan wilayah timur Indonesia merupakan posisi alur pendekat (ALKI II dan III) antara dua samudera. Kondisi itu yang menjadikannya sebagai salah satu jalur pelayaran yang padat dan sangat strategis bagi kepentingan perekonomian dunia, politik dan militer negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

Pangarmatim saat memberikan arahan dalam Apel Khusus di Koarmatim
​Kondisi tersebut mengandung potensi munculnya ancaman yang tinggi di perairan wilayah timur Indonesia. Guna mengantisipasi ancaman tersebut dibutuhkan kesiapan Armada yang kuat dan pangkalan-pangkalan yang siap menyokong kebutuhan Armada dalam menjalankan tugas operasi.

​Hal itu disampaikan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H, M.A.P pada saat memimpin Apel Khusus yang berlangsung di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Senin (29/6).

​Dikatakan Pangarmatim, untuk mendukung kebutuhan tersebut dalam waktu dekat ini pada akhir bulan Juli tahun 2015 akan dilaksanakan peresmian Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan dan Lantamal XIV Sorong.

Menurut Pangarmatim, peresmian Lantamal XIII Tarakan dan Lantamal XIV Sorong, merupakan implementasi dari rencana pengembangan organisasi TNI/TNI AL saat ini.

​​Apel khusus yang diikuti seluruh jajaran prajurit Koarmatim tersebut, dihadiri Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama TNI ING. Ariawan, S.E, para Asisten Pangarmatim, Komandan Satuan Kapal, Para Staf Ahli Pangarmatim, Kasatker Koarmatim dan seluruh Komandan KRI yang berada di pangkalan. (pen/red)




Related Articles

Stay Connected

21,995FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles