Pangarmatim Buka Lat Pratugas OPS PAMTAS RI – Malaysia

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., membuka secara resmi Latihan Pratugas Satuan Tugas Operasi pengamanan Perbatasan  (Satgas Ops Pamtas) Armatim, dalam rangka pangamanan perbatasan wilayah laut Indonesia-Malaysia, perairan Karang Unarang Laut Sulawesi TA. 2016 di gedung Mandalika Komando Latihan (Kolat) Koarmatim, Senin (1/2/2016).

Pangarmatim Buka Lat Pratugas OPS PAMTAS RI – Malaysia

Latpratugas Ops Pamtas tahun ini mengambil tema satuan tugas operasi pengamanan perbatasan Koarmatim untuk mewujudkan keamanan diwilayah laut Indonesia yang berbatasan dengan wilayah laut Malaysia guna mencegah dan menindak pelaku tindakan ilegal dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Bertindak sebagai Komadan Satgas (Dansatgas) dalam Latihan ini adalah Pangarmatim dan sebagai Wadan Satgas Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priono Susesno yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Cepat Koarmatim.

Latihan selama 15 hari di perairan Laut Jawa dan Selat Makassar ini akan melibatkan sebanyak 552 Prajurit Koarmatim serta 8 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Jajaran Koarmatim serta 1 Pesawat Udara (Pesud).

Dalam amanatnya Pangarmatim mengatakan bahwa tujuan dari latihan ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan Satgas Ops Koarmatim agar memiliki kemampuan dan ketrampilan yang handal untuk menunjang palaksanaan tugas operasi di daerah perbatasan wilayah laut Indonesi-Malaysia di sekitar perairan Karang Unarang laut Sulawesi secara berhasil dan berdayaguna.

“Keberhasilan latihan ini akan sangat menentukan hasil operasi sesungguhnya yang akan dilaksanakan Koarmatim kedepan,” Lanjut Pangarmatim

Hadir pada Acara tersebut kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si.,Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Danguspurlatim) Laksma TNI I.N.G. Ariawan, SE., para pejabat utama Koarmatim, para Komandan KRI yang berada di pangkalan serta Prajurit yang terlibat latihan. (EP)

Leave a Reply