Pangarmatim Hadiri Peringatan HPN 2016 di Lombok NTB

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., menghadiri puncak acara Sail of Journalist Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2016 dengan tema “Pers Merdeka Mendorong Poros Maritim dan Pariwisata Nusantara”.

Pangarmatim Hadiri Peringatan HPN 2016 di Lombok NTB

Acara ini juga dihadiri oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Pantai Kuta, Desa Sene, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Surabaya. Rabu, (10/02).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dewan Pers Prof. Dr. Bagir Manan, SH, MCL., menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bapak Presiden RI beserta Ibu Negara dan seluruh tamu undangan yang berpartisipasi dalam mensukseskan peringatan Hari Pers Nasional.

“Atas nama komunitas Pers dan seluruh insan Pers yang datang dari berbagai pelosok tanah air, kami berterima kasih atas kerjasama pemerintah Indonesia, untuk bias masuk langsung mendengar dan mengetahui agenda pemerintah terutama perjalanan negara demi tercapainya tujuan Indonesia mensejahterahkan umum dan mencerdaskan bangsa,” terangnya.

Sementara Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam sambutan mengatakan, bahwa kita beruntung hidup di era kemerdekaan pers dan era kebebasan pers. Pers sebagai fungsi kontrol sosial dan setiap hari bangsa Indonesia dibanjiri informasi, disuguhi opini dan data yang beragam. Bahkan saat ini betapa mudahnya informasi beredar kadang status di media sosial pun menjadi berita.

Presiden juga berharap kepada seluruh insan pers untuk dapat menggerakkan dan membangun optimisme publik, membangun etos kerja masyarakat, ikut membangun produktifitas masyarakat, bukan sebaliknya, media mempengaruhi hitam menjadi putih, dan banyak pula masyarakat terjebak pada berita sensasional.

“Karena itu saya menghimbau, pemberitaan tentang pemerintah yang positif hendaknya ditayangkan dalam program primetime, agar masyarakat dapat mengetahui dan mendukung program kerja pemerintah untuk menjadi lebih baik,” terang Presiden.

Disisi lain, terkait dengan lomba karya tulis Pariwisata HPN 2016, dewan juri telah menetapkan 27 pemenang dan sebagai best of the best adalah Majalah Tempo dengan karya berjudul, “Kepulauan KAI Maluku Tenggara, Miniatur Nusa Tenggara di Tenggara Indonesia”, dimuat dalam edisi 22 November 2015.

Selain itu juga diberikan anugerah kebudayaan PWI Pusat untuk Walikota, Bupati yang bertujuan sebagai bentuk apresiasi yang menginspirasi kemajuan tanah air sebagai ujung tombak Nasional di era otonomi daerah.

Penghargaan tersebut diraih diantaranya adalah Walikota Bandung-Jabar, Ridwan Kamil, Bupati Wakatobi-Sulteng, Ir.Hugua, Walikota Sawahlunto-Sumbar, Ali Yusuf, Bupati Purwakarta-Jabar, H. Dedi Mulyadi, S.H., Bupati Banyuwangi-Jabar, Abullah Azwar Anas, Bupati Belu-NTT, Drs. Wellem Foni, M.Si., dan Bupati Tegal-Jabar, Enthus Susmono.

Hadir dalam acara tersebut, para Menteri Kabinet Kerja, seluruh pimpinan daerah se-Indonesia, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmatyo, Kadispenal Laksma TNI M. Zainudin, Kadispotmar TNI AL Brigjen Mar TNI Tommy Basari Natanegara, S.E., Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mardiono, Ketua Dewan Kehormatan Pers A.M. Fatwa, para wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik dibawah naungan PWI, serta tamu undangan lainnya. (EP)

Leave a Reply