-1.7 C
New York
Sabtu, Januari 23, 2021

Buy now

Pelindo Gelar Program Mudik Gratis Ke Kota Tujuan Pemudik




SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Peningkatan arus mudik, khususnya yang memanfaatkan jasa kapal laut tahun 2015 ini diperkirakan stabil dan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Kondisi ini menurut Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto, disebabkan oleh semakin beragamnya alternatif moda transportasi.

Suasana Mudik dengan moda transportasi laut
“Meski ada kenaikan jumlah penumpang, pertumbuhannya tidak signifikan. Kenaikannya tidak lebih dari satu digit,” ujar Edi dikantornya, Kamis (2/7/2015).

Bagi sebagian orang menurut Edi, mulai merubah pola mudiknya dengan menggunakan moda trasportasi yang lain seperti bus, kereta api maupun pesawat terbang. Khususnya masyarakat yang bekerja formal.

Sementara pekerja informal seperti pekerja perkebunan dan pedagang cenderung memilih moda transportasi angkutan laut.

Untuk memenuhi kebutuhan pemudik ini, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyiapkan 13 terminal penumpang di wilayah kerjanya dengan berbagai fasilitas tambahan seperti tenda, portable toilet, dan lainnya.

Bahkan di semua pelabuhan juga di siapkan posko terpadu Lebaran, di bawah komando otoritas pelabuhan. Anggotanya berasal dari unsur pelabuhan seperti syahbandar, Pelindo III, operator kapal, kepolisian pelabuhan, angkatan laut, institusi, dan unit kerja lain.

“Kami mulai menyiapkan sarana dan prasarana pendukung terminal penumpang kapal laut itu untuk menghadapi masa angkutan Lebaran tahun ini. Puncak arus mudik pada transportasi laut sangat mungkin terjadi mulai H-15 hingga H+15 Lebaran,” ungkap Edi.

Adapun ketiga belas terminal yang disiapkan Pelindo III yang tersebar di tujuh provinsi, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Gresik dan Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi (Jawa Timur), Pelabuhan Tanjung Emas.

Serta Semarang (Jawa Tengah), Pelabuhan Benoa (Bali), Pelabuhan Banjarmasin dan Pelabuhan Kotabaru/Batulicin (Kalimantan Selatan), Pelabuhan Sampit dan Pelabuhan Kumai (Kalimantan Tengah), Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Bima/Badas (NTB), Pelabuhan Tenau Kupang/Kalabahi/Waingapu dan Pelabuhan Maumere (NTT).

Dijelaskan Edi juga, tahun ini Pelindo III juga mulai menggelar mudik gratis untuk transportasi dari pelabuhan ke kota tujuan pemudik. Namun untuk tahun ini mudik gratis hanya dilakukan untuk 2 pelabuhan yaitu tanjung perak Surabaya dan pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

” Jadi nantinya para penumpang mudik yang dating di Surabaya maupun Semarang bias menggunakan bus yang sudah kami siapkan untuk pulang ke kota tujuannya secara gratis,” terangnya.

Program yang baru pertama dilakukan ini sudah disosialisasikan, terutama untuk 4 pelabuhan asal yang memiliki load yang tinggi seperti Makasar, Sampit, Kumai dan Balikpapan.

“Jadi para pemudik dari tempat pemberangkatan bisa mendaftar untuk mudik gratis melalui tempat pendaftaran maupun secara online. Karena memang tempatnya terbatas,” jelas Edi.

Untuk mudik gratis ini, Pelindo III menyiapkan 10 armada bus perhari untuk setiap kapal yang sandar di Surabaya, dan 6 armada bus perhari untuk setiap kapal yang sandar di Semarang.

“Progra mudik gratis ini hanya berlaku pada H-7 sampai H-1 Lebaran,” pungkasnya. (Edmen Paulus)




Related Articles

Stay Connected

21,397FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles