Pelindo III Rayakan HUT Ke 23 dengan Menggelar Berbagai Acara

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Memasuki usianya yang ke ke-23 pada tanggal 1 Desember 2015 mendatang, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) telah berkembang menjadi perusahaan yang besar dengan memiliki 17 kantor cabang yang mengelola 43 pelabuhan di 7 provinsi di Indonesia.

Rangkaian HUT Pelindo III

Selain itu Pelindo III juga telah mengembangkan sayap bisnisnya hingga memiliki 10 anak usaha dan 8 unit usaha yang tidak hanya di bidang kepelabuhanan seperti Terminal Petikemas Surabaya (TPS), BJTI Port, Terminal Teluk Lamong (TTL), Pelabuhan Manyar di kawasan industri JIIPE, dan lainnya.

Tetapi juga usaha di bidang kesehatan dengan RS PHC, bidang energi dengan Lamong Energi Indonesia, bidang tenaga kerja alih daya dengan Pelindo Daya Sejahtera, bidang properti dengan Pelindo Properti Indonesia, dan lainnya.

Seperti dikemukakan Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto, dalam mengembangkan bisnis intinya (core business), Pelindo III mendasarkan pada tiga pijakan strategi utama, yaitu ; Pertama, modernisasi peralatan bongkar muat, dimana berbagai peralatan dengan teknologi terkini didatangkan untuk mempercepat bongkar muat untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas.

Perseroan tersebut mulai melakukan langkah yang peduli lingkungan. Misalnya mendatangkan peralatan baru yang ramah lingkungan dan memodifikasi peralatan yang semula berbahan bakar minyak dielektrifikasi menjadi bertenaga listrik yang lebih efisien.

“Pilar yang kedua, adalah Pelindo III merevitalisasi pelabuhan-pelabuhannya sesuai dengan peningkatan arus barang dan komoditas logistic,” lanjut Edi, Kamis (26/11/2015).

Salah satunya lanjut Edi adalah penataan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dengan sistem klasterisasi sehingga peruntukkan setiap terminal fokus untuk bongkar muat komoditas tertentu saja.

“Hal ini membuat penggunaan peralatan bongkar muat dan pengerahan SDM menjadi lebih efektif, sehingga pelayanan menjadi lebih optimal,” jelasnya.

Ia melanjutkan, langkah ketiga ialah melakukan peningkatan kapasitas pelabuhan, misalnya perluasan lapangan penumpukkan peti kemas di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Banjarmasin.

Tidak hanya meluaskan, Pelindo III juga membangun infrastruktur baru, seperti Pelabuhan Gili Mas di Lombok, pelabuhan sentra perikanan di Tegal, dan kawasan marina di Pantai Boom Banyuwangi.

“Semua langkah pengembangan Pelindo III ditujukan untuk mendukung program pemerintah dalam menekan biaya logistik di Indonesia. Selain itu juga untuk memacu terciptanya integrasi logistik nasional, ini bentuk dedikasi untuk negeri,” terang Edi Priyanto.

Dan untuk memperingati hari jadinya tahun ini, serangkaian acara digelar sebagai bentuk kepedulian Pelindo III, diantaranya adalah perhelatan Parade Musik Keroncong di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Jumat (27/11/2015).

Dalam parade  musik ini,  sejumlah orkes musik keroncong dari berbagai daerah di Jawa Timur diberikan kesempatan untuk tampil bergantian secara nonstop dari siang hingga malam hari.

Sementara di hari berikutnya, Sabtu (28/11/2015), juga akan dihelat Pagelaran Stardiva Keroncong di Grha Barunawati, Surabaya.

“Pada acara tersebut akan tampil sederet biduan keroncong Indonesia, mulai dari yang paling senior seperti Waldjinah dan Sukardi SH, hingga penyanyi generasi baru seperti Endah Laras dan Sruti Respati,” kata Edi lagi.

Sedangkan tepat pada hari ulang tahun Pelindo III, 1 Desember 2015, akan diadakan Aksi Sosial Donor Darah massal di Terminal Gapura Surya Nusantara, yang akan diikuti oleh para karyawan berbagai institusi di Pelabuhan Tanjung Perak dan juga masyarakat umum.

Para wartawan pemenang ajang Pelindo III Journalist Award 2015 akan diumumkan pada malam penganugerahan di Grha Barunawati, Surabaya, pada 11 Desember 2015.

“Apresiasi jurnalistik tahunan tersebut menjadi wujud kepedulian Pelindo III untuk insan pers nasional yang mendukung perkembangan pemberitaan di bidang kepelabuhanan,” jelas Edi.

Dunia pendidikan juga tak ketinggalan, puluhan mahasiswa-mahasiswi terpilih dari sejumlah universitas akan mengikuti Pelindo III Youth Camp 2015. Dimana anak-anak muda tersebut akan mengikuti pendidikan kepemimpinan dan pengetahuan dasar mengenai dunia maritim agar mereka kelak menjadi generasi penerus bangsa yang mengerti dan mampu mengembangkan potensi bahari negeri ini, yang digelar selama 3 hari (12-14/11/2015).

Dan yang terakhir pada hari Minggu (13/11/2015), akan digelar dua acara sekaligus, yaitu Fun Bike dan penanaman ribuan bibit mangrove akan ditanam secara bersama-sama oleh para insan kepelabuhanan untuk menghijaukan pesisir pantai utara Surabaya. (Ep)

Leave a Reply