Pembekalan Komandan PMPP TNI Kepada Para Calon Personel MTF TNI

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Brigjen TNI A.M. Putranto, S.Sos., setelah melaksanakan Courtesy Call di Mako Koarmatim, melanjutkan kunjungannya dengan memberikan pembekalan kepada para calon personel Maritime Task Force (MTF) TNI XXVIII-I KRI John Lie (JOL)-358 di Gedung Marthadinata, Kolatarmatim. Surabaya, (29/01).

Pembekalan Komandan PMPP TNI Kepada Para Calon Personel MTF TNI

Dalam pembekalan kepada para personel yang akan mengikuti seleksi MTF TNI Konga XXVIII-I United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL) yang berjumlah 214 orang termasuk crew Helly BO-105, mengawali sambutan Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Koarmatim Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah mewakili Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Komandan PMPP TNI untuk memberikan pembekalan, khususnya kepada KRI JOL-358, Dansatkor  Koarmatim berharap pengawak inti menjadi bagian dalam Satgas Maritim TNI yang akan bertugas dalam misi perdamaian PBB di Lebanon. “Siapkan fisik, mental dan skill terbaik sehingga siap menjadi perwakilan kapal MTF selanjutnya yang terus mengharumkan nama Indonesia”, ungkap Dansatkor Koarmatim.

Komandan PMPP TNI dalam rangka penyiapan personel MTF TNI Konga XXVIII-I mengatakan sebelum melaksanakan seleksi ke 214 personel agar selalu dalam keadaan sehat sehingga pada pelaksanaan tes yang meliputi Keswa, Kesum, Garjas. Komputer dan Bahasa Inggris dapat berjalan dengan hasil yang baik dan maksimal. Pati lulusan Akmil 87 memberikan gambaran penugasan di Lebanon dengan 4 musim cuaca yang berbeda, maka para prajurit dituntut memiliki fisik yang prima, selain itu berbekal Latpratugas dari PMPP TNI diharapkan seluruh prajurit calon peacekeepers dapat mempelajari tugas dan fungsinya dengan sungguh-sungguh serta fokus. Sebanyak 33.360 personel TNI sejak tahun 1957 s.d. 2015 berhasil dikirim dalam misi PBB diberbagai negara konflik di seluruh dunia berhasil menarik simpati warga lokal maupun negara sahabat yang bergabung dalam misi PBB.

Sebelum mengakhiri pembekalan, Komandan PMPP TNI menekankan pertama persiapkan fisik, mental dan pikiran para calon peacekeepers, kedua manfaatkan waktu secara efektif untuk menghadapi seleksi, ketiga kuasai materi seleksi dengan optimal, keempat percaya diri dan tidak perlu minta bantuan dengan atasan karena tidak berpengaruh bagi PMPP TNI, kelima berkompetisi secara sehat dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hadir dalam acara tersebut, Komandan Kolatarmatim Kolonel Laut (P) Syufenri, S.Sos., Kadisminpers Koarmatim Kolonel Laut (E) Tarsisius Susilo, S.T.,M.PSDM., Komandan KRI JOL-358 Kolonel Laut (P) Antonius Widio Utomo, para staf PMPP TNI dan Mabes TNI serta para calon pengawak Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL. (EP)

Leave a Reply