Pemkot Belum Buat Konsep Rehab Eks Lokalisasi

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Kepala Bappeko Agus Imam Sonhaji mengakui bahwa sampai saat ini dari enam eks lokalisasi yang sudah ditutup, yang sudah ada grand design untuk revitalisasi hanya eks lokalisasi Dolly Jarak. Sementara lokalisasi lain yang sudah ditutup pemkot mulai dari Klakahrejo, Sememi (Moroseneng), Krembangan, Bangunsari dan Kremil masih belum dibuatkan grand design.

“Yang sudah kita buatkan itu di Dolly-Jarak, sudah selesai akhir tahun 2014 lalu. Kalau yang lain insyaallah tahun depan akan kita buatkan,” kata Agus Imam Sonhaji, Selasa (10/11/15).

Lebih lanjut ia menyatakan, untuk sejauh ini upaya untuk merevitalisasi berdasarkan konsep ynag dibuat adalah masih upaya pembebasan lahan dan eks wisma. Dalam grand design tersebut pemkot sudah membagi eks lokasasi dalam sebuah zona yang akan masuk dalam lokasi pengambangan. Yang masuk dalam zona tersebutlah yang lahannya akan diupayakan untuk dilakukan pembebasan.

Sejauh ini kendalanya adalah untuk pembebasan, pemkot tidak bersifat jemput bola. Melainkan eks wisma mana yang mau menjual pada pemkot maka jika harga appresialnya cocok baru akan dilakukan pemebabsan.

Agus menjelaskan, sampai saat ini sudah ada beberapa eks wisma di gang Dolly yang sudah dibeli pemkot. “Disana sudahh kita pasang plakat-plakat, namun kalau ada yang masih belum difungsikan bukan berarti mangkrak. Melainkan kita masih konsep untuk SKPD mana yang akan menjadi pengelola dan bertanggung jawab atas eks wismanya. Dan itu ada SK nya. Bisa jadi yang belum difungsikan itu karena SK nya belum keluar,” ulasnya.

Sebab setiap SPKD yang akan menggunakan eks wisma untuk revitalisasi haru smengajukan konsep yang detail dan dikoordinasikan dengan Dinas Pengelolan Bangunan dan Tanah (DPBT) yang bertugas sebagai pembebas lahan.

“Sampai saat ini kita terus proses pembebasan lahannya. Tahun 2016 dalam KUAPPAS ada dana Rp 11 miliar untuk pembebasan lahan di eks lokalisasi. Bukan hanya di Dolly tapi semua eks lokalisasi,” pungkas Agus. (KS1/RED)

Leave a Reply