2.3 C
New York
Senin, Desember 5, 2022

Buy now

Pemkot Surabaya Kebut Pembangunan JLLT

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Pengembangan wisata bahari Kenjeran terus dikebut oleh Pemkot Surabaya. Salah satunya dengan menyelesaikan proyek jembatan kenjeran, pemkot juga sedang mengupayakan dimulainya pembangunan jalan lingkar luar timur (JLLT). JLLT ini juga akan menopak akses menuju wisata bahari Kenjeran.

Kepala Bappeko Surabaya Agus Imam Sonhaji menyatakan saat ini pembangunan JLLT masih belum sampai tahapan fisik. Pemkot saat ini tengah menunggu pengukuran lahan dan juga pengeluaran peta bidang dari Badan Pertanahan Negara (BPN).

“Kalau penetapan lokasi dari gubernur sudaj keluar. Jadi sekarang tinggal nunggu dari NPB saja,” kata Agus Imam Sonhaji, kemarin. (7/11/15)

Agus menjelskan jalan sepanjang 18.6 kilometer itu melewati sejumlah wilayah yang masih ditempati warga. Setidaknya melewati ada Kecamatan Bulak tepatnya di kelurahan Kedung Cowek, Kelurahan Bulak. Lalu untuk kecamatan Mulyorejo meliputi kelurahan kalisari dan kejawan putih.

Sedangkan Kecamatan Sukolilo meliputi kelurahan Keputih, dan keluarahan Medokan Semampir, lalu kecamatan Rungkut meliputi Kelurahan Wonojero, dan Medokan Ayu. Serta kecamatan Gunung Anyar meliputi kelurahan Gunung Anyar.

“Kalau yang di Kenjeran, ada yang sudah kita mulai sosialisasi. Khususnya yang ada di perumahan pantai mentari. Karena JLLT itu akan menabrak wilayah perumahan tersebut,” terang Agus.

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam sosialisasi itu bukan hanya memberitahukan tentang pembanguban jalan. Melainkan juga dampak dari pembangunan jalan bagi warga di sekitar wisata bahari Kenjeran. Salah satunya warga akan merasakan dampak ekonomi lantaran pengembangan wisata bahari di Kenjeran. Seperti warga bisa diarahkan untuk mengembangkan usaha kerajinan dan juga makanan dan minuman.

Sebagaimana diketahui, JLLT ini membentang membelah Surabaya selatan ke utara. Dimana ujung selatannya akan nyambung akses ke bandara. Sedangkan untuk ujung selatannya akan memberi sambungan langsung ke tanjung perak.

Untuk menopang wisata sekaligus memperbanyak akses, sebenarnya dikatakan Agus pemkot sudah memperbaiki beberapa jalan yang tembus ke jalan utama JLLT maupun jembatan Kenjeran. Seperti jalan nambangan, dan juga jalan pantai kenjeran juga kini sedang ada pemangunan box culvert.

“Diharapkan nanti bisa menjadi akses yang mempermudah ke wisata bahari kenjeran. Sebab dengan akses yang makin mudah maka diharapkan wisatawan yang datang kesana,” pungkas Agus. (KS1/RED)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,596PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles