7 C
New York
Senin, Desember 5, 2022

Buy now

Pemkot Surabaya siapkan sentra PKL jadi paket wisata

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) Kota Surabaya akan menjadikan sentra pedagang kaki lima (PKL) disejumlah wilayah sebagai paket wisata.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Surabaya Hadi Mulyono menilai, sentra PKL tersebut saat ini bukan hanya bisa menjadi pendongkrak ekonomi warga, tetapi lebih dari itu keberadaan mereka juga bisa untuk mendukung pariwisata di Surabaya.

“Kami menggagas sentra PKL sebagai bagian paket pariwisata. Konsepnya, tamu-tamu yang datang berkunjung ke Surabaya, akan diarahkan untuk berkunjung ke sentra PKL dan menikmati sajiannya,” ujarnya saat melakukan inspeksi ke sentra PKL di Siwalan Kerto, Selasa (20/10/2015).

Tentunya, lanjut dia, pihaknya akan berupaya memberikan kepuasan yang baik, tidak hanya makanannya yang enak dan higienis, tapi juga kesehatan dan kebersihannya terjamin.

Menurut Hadi Mulyono, konsep paket pariwisata sentra PKL itu sebenarnya sudah jalan di Dinas Koperasi dan UKM dengan bekerja sama pihak kecamatan dan kelurahan yang terdapat sentra PKL. Dan kedepannya, diharapkan konsep tersebut juga bersinergi dengan Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar), dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya di Pemkot Surabaya.

“Kita sudah siapkan dengan dinas lain. Semuanya sudah biasa kerja bareng dengan mengambil peran sesuai Tupoksi masing-masing. Tetapi kewenangan pembinaan tetap di Dinas Koperasi dan UKM,” ujarnya.

Hadi meyebut dinasnya telah menyiapkan beberapa sentra PKL di setiap kawasan di Surabaya. Dia mencontohkan, di kawasan Surabaya Utara, sentra PKL nya ada di depannya gedung Bank Indonesia.

Kemudian di Surabaya Pusat ada di Taman Bungkul, lalu di Selatan ada di kawasan Siwalankerto, Jambangan dan Dukuh Menanggal. Setiap sentra PKL di setiap kawasan tersebut memiliki kuliner unggulan masing-masing.

“Semisal di Utara ada soto bebek, di pusat ada rawon. Di Siwalankerto ada mie. Memang lebih khusus ke kuliner, kita padukan dengan produk kelurahan. Di setiap sentra kami siapkan koperasi yang menampung produk kreasi warga,” ujarnya. (Li/Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,596PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles