Potensi Pelindo III di Kagumin Kepala Staf Kepresidenan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Potensi PT Pelindo III (Persero) diyakini menjadi salah satu penggerak perekonomian di Indonesia. Hal ini terkait dengan berbagai inovasi yang dilakukan oleh PT Pelindo III (Persero). Kenyataan ini disampaikan Kepala Staff Kepresidenan RI, Luhut Binsar Panjaitan. Dalam kunjungannya ke Jawa Timur minggu lalu.

Jendral TNI (Purn) tersebut melihat dan mengagumi potensi yang dimiliki PT Pelindo III (Persero), termasuk trategi pengembangan PT Pelindo III (Persero) berupa revitalisasi, modernisasi dan peningkatan kapasitas pelabuhan. Hal itu sebagai upaya untuk mengurai permasalahan waktu tunggu pelabuhan dan mahalnya harga barang di Indonesia.

Rombongan yang berjumlah ±15 orang tersebut menuju Terminal Teluk Lamong sebagai destinasi pertama di Surabaya dengan menggunakan Helly Bell TNI-AL HU-419. Didampingi oleh Dirut PT Pelindo III (Persero), rombongan diajak menuju ruang control Automatic Stacking Crane (ASC) untuk menerima paparan mengenai inovasi yang dilakukan oleh PT Pelindo III (Persero).

Penambahan fasilitas dan moderninasi peralatan yang dilakukan di cabang dan anak perusahaan PT Pelindo III (Persero) dinilai dapat mempercepat perekonomian di Indonesia.

“Pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan lebih cepat apabila semua pelabuhan memiliki peralatan dan fasilitas seperti PT Pelindo III (Persero)”, ujar Luhut.

Selain mengunjungi Terminal Teluk Lamong, rombongan difasilitasi untuk melihat potensi lain yang dimiliki oleh PT Pelindo III (Persero) dari laut menggunakan kapal Artama. Rute yang dituju adalah Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) sebagai terminal baru yang sedang dalam tahap pembangunan dan terintegrasi langsung dengan area industri dan perumahan, Terminal Peti Kemas Surabaya dan Terminal Penumpang Modern Gapura Surya Nusantara.

Dalam kunjungan tersebut, diketahui bahwa inovasi yang dilakukan oleh PT Pelindo III (Persero) merupakan hasil karya anak bangsa sehingga Luhut meyakini Indonesia akan menjadi salah satu negara yang diperhitungkan dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

“Perekonomian di Indonesia akan sangat kompetitif karena diperkirakan pertumbuhan akan mencapai 7% per tahun dengan SDM yang kompeten”, kata pria kelahiran 1974 tersebut.

Dalam kunjungan tersebut diharapkan potensi dan inovasi yang ada di PT Pelindo III (Persero) semakin dikenal dan menjadi tolak ukur untuk pelabuhan dan terminal lain di Indonesia.

Permasalahan kepelabuhanan akan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat dengan selalu melakukan perubahan positif tidak hanya pada fasilitas dan peralatan, namun pada SDM yang bekerja pada dunia kepelabuhanan. (Pel/Edmen Paulus)

Kepala Staff Kepresidenan RI, Luhut Binsar Panjaitan, saat melakukan kunjungan ke Pelindo III

Leave a Reply