6.1 C
New York
Sabtu, Desember 3, 2022

Buy now

RPH Ajukan Program Pengenggemukan Sapi dan Beli Lahan di Prigen

SURABAYA – Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (RPH) tak ingin dikatakan kurang inovatif dalam menjalankan bisnis. Buktinya pihaknya  kini tengah merintis usaha baru yaitu penggemukan sapi. Usaha ini kini mulai diajukan proposalnya ke Komisi B DPRD untuk mendapatkan persetujuan. RPH berharapan pengajuan dana dalam proposal tersebut bisa turut dimasukkan dalam RAPBD tahun 2016 mendatang.

Bisin Penggemukan Sapi Merupakan Bisnis yang Menguntungkan

Direktur Tata dan Niaga RPH Pegirikan Lutfhi Rahman menyatakan, bahwa untuk menginisiasi usaha baru ini, memang membutuhkan modal investasi yang cukup besar. Setidaknya dibuthkan dana sebesar Rp 10 miliar.

“Kami berharap ada bantuan dari APBD. Makanya kami ajukan proposal dulu seekarang ini,” kata Lutfi.

Padahal saat ini pembahasan rencana anggaran keuangan RAPBD 2016 sudah hampir final dan tinggal disahkan. Menurut Lutfhi, sebenarnya rencana penggemukkan sapi ini sudah cukup lama dipikirkan. Akan tetapi pihaknya baru belakangan ini mendapatkan lahan untuk peternakannya.

Tepatnya di kawasan Prigen dengan luas 14 ribu meter persegi. RPH baru saja membeli lahan yang siap diternaki sapi.

“Karena dulu disana juga peternakan tapi karen pemiliknya pindah maka lahannya dijual, di sana pekerjanya juga sudah siap,” kata Lutfhi.

Lebih lanjut, pria berkumis ini menjelaskan, untuk tahap awal, rencanya akan digemukkan 100 sampai 200 ekor sapi. Sapi bakalan tersebut akan digemukkan dalam waktu satu bulan sebelum siap dipanen dan djual. Untuk proses pennggemukannya sendiri RPH sudah menyiapkan sejumlah pemberian nutrisi protein dan hewani bagi sapi-sapi yang digemukkan.

Penggemukan sapi ini menurut Lutfhi adalah bisnis yang cukup menjanjikan, sebab sejauh ini RPH hanya mengandalkan pemotongan daging saja, sedangkan sapinya dari mereka sendiri.

“Maka kita ingin menambah produklah istilahnya. Jika sudah maju, lahanyang sudah dibeli RPH tersebut bisa diternaki penggemukan sapi sebanyak 500 ekor,” terang Lutfhi..

RPH akan berupaya agar diversifikasi usaha ini bisa disetujui. Mulai dari DPRD, bagian pereknomian maupun walikota. (ks1/Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,591PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles