Satu Unit Sea Rider Perkuat Satkamla Lantamal V

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Satu unit Sea Rider RIB 7,5 meter buatan North Sea Board PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi, telah diterima Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Pangakalan Utama TNI AL V dan siap memperkuat Satkamla Lantamal V dalam menjalankan tugas operasi laut terbatanya.

Satu Unit Sea Rider Perkuat Satkamla Lantamal V

Penyerahan satu unit Sea Rider RIB 7,5 M dari pihak Mabesal ini diterima Komandan Satuan Keamanan Laut (Dansatkamla) Letkol Laut (P) Stanly Lekahena disaksikan Kepala Dinas Perbekalan (Kadisbek) Lantamal V Letkol Laut (S) Budi dan Komandan Tim Intelijen (Dantimintel) Lantamal V Letkol Laut (KH) Achmad Saifuddin, SH di Mako Satkamla Lantamal V, Ujung, Surabaya, Kamis (3/3/2016).

Sea Rider yang diterima Satkalama Lantamal V ini serupa dengan yang telah diterima Pangkalan TNI AL (Lanal) Bali sebelumnya.

Satu Unit Sea Rider Perkuat Satkamla Lantamal V

Menurut John Lundin selaku pemilik PT. Lundin Industry Invest, untuk bahan baku yang digunakan dalam pembuatan Sea Rider ini memakai material komposit. Material ini dinilai lebih kuat 10 kali dari baja, namun juga 10 kali lebih ringan dari baja, sehingga menjamin komposit material untuk Sea Rider tahan api.

“Kami pastikan tidak akan terulang kembali musibah serupa yang menimpa generasi sebelumnya, karena memakai bahan atau material serupa,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa teknologi material komposit dewasa ini telah dipakai pula dalam pembuatan kereta api dan pesawat.

Sementara itu Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Surabaya Brigadir Jenderal TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S. AP menyampaikan bahwa keberadaan alat baru patroli ini, diharapkan bisa menambah kekuatan dan membantu kelancaran tugas pokok Lantamal V.

“Tugas Lantamal V itu banyak dan komplek, sehingga sepantasnyalah jika satuan-satuan tugas dijajaran Lantamal V saat ini, diperkuat atau mendapatkan tambahan alat dan perlengkapan untuk mendukung kegiatan patroli kemanan laut termasuk untuk pengamanan tamu VVIP,” terangnya. (EP)

Leave a Reply