Soekarwo : Perda Mihol, Butuh Konsultasi dengan Pusat

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Terkait disahkannya Perda Mihol (minuman beralkohol) oleh DPRD Kota Surabaya, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengaku belum bisa memastikan akan mengesahkan atau menolak. Pihaknya masih akan konsultasi lebih dulu dengan pemerintah pusat terkait Perda yang disahkan Kota Surabaya ini.

“Kami harus konsultasikan dulu ke pemerintah pusat,” kata Pakde Karwo, panggilan akrab Soekarwo, Jumat (13/5/2016).

Gubernur Jawa Timur- oekarwo

Pakde Karwo menegaskan bahwa semua Perda yang telah dibuat harus sesuai dengan undang­undang yang ada, dan perlu disinkronkan dengan regulasi yang lebih tinggi.

“Kepala Biro Hukum yang akan kami tugaskan untuk konsultasi ke pusat. Nanti, undang-­undang miholnya bagaimana,” katanya.

Menurutnya, Provinsi Jatim bukan daerah khusus seperti Papua, Jogjakarta, atau Aceh, yang memiliki keistimewaan dalam bidang pemerintahan.Tidak bisa memutuskan sendiri masalah pemerintahan. Prinsipnya, semua tata aturan di daerah harus mengacu perundang-­undangan yang berlaku.

“Semua regulasi harus tunduk pada pusat. Apakah aturan mihol yang lebih tinggi sudah lebih dulu mengatur. Apakah nanti pusat menghendaki mihol itu tidak dijual tempat umum, tapi di tempat khusus, kemudian diawasi. Jadi bunyinya mungkin bukan dilarang,” paparnya.

Jika nanti Perda Larangan Mihol tidak sesuai undang-­undang yang ada, maka bisa dilakukan perubahan atas Perda Mihol.Terkait peluang Perda Mihol Surabaya, disetujui pusat atau tidak? Pakde Karwo menyatakan, pemerintah pusat punya wewenang untuk mengganti.

“Buktinya, saat ini sudah 3.500 perda dicoret pusat. Mendagri mencoretnya lantaran menghambat investasi,” tegas Pakde.

Mantan Sekdaprov Jatim ini menegaskan, justru yang perlu mendapat perhatian serius adalah peredaran minuman keras ilegal yang dijual bebas di pasar.”Seperti oplosan, cukrik, yang tidak terpantau. Bahkan miras ini liar dan mengancam jiwa,” imbuh Pakde.(BM/EP)

Berita Terkait : DPRD Surabaya Sahkan Perda Larangan Minuman Beralkohol di Surabaya. Http://kabarsurabaya.com/?p=11714

Leave a Reply