21.4 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022

Buy now

Sunarno Terpilih Jadi PJs Dirut PDAM Surya Sembada

SURABAYA- Penjabat (PJ) Wali Kota Surabaya Nurwiyatno akhirnya memilih Direktur Pelayanan PDAM Surya Sembada Surabaya Sunarno untuk menjadi Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama (Dirut) PDAM. Sunarno dipilih guna mengiri jabatan dirut yang kosong lantaran habis masa jabatannya.

“SK-nya juga sudah kami sampaikan ke Pjs Dirut PDAM tadi pagi sudah kita serahkan,” jelas Nurwiyatno, kemarin. (29/10/15).

Pj Walikota Nurwiyatno saat memberikan keterangan kepada wartawan.
Menurutnya penunjukan Sunarno sesuai perda yang mengatur tentang mekanisme pemilihan Pjs. Dimana dalam prosesnya memang harus mempertimbangkan rekomendasi dari bawas.

Sedangkan direksi yang direkomendasikan dari bawas adalah Sunarno. Sehingga Nur pemilihan Sunarno sudah cukup relevan dan transparan.

Meski sudah melakukan penunjukan pjs, namun NUr memerintahkan bawas untuk segera melakukan rekruitmen. Asisten II M Taswin, ditugaskan Nur untuk memantau secara langsung proses perekrutan tersebut.

Dalam penyerakan SK kemarin, Nur menyebutkan, semua pihak yang terkait dengan PDAM, mulai dari Asisten II, bagian perekonomia, dan juga bawas dan juga seluruh direksi PDAM semuanya dihadirkan, kecuali mantan Dirut PDAM Ashari Mardiono, yang absen. Ketidakhadiran Ashari dikarenakan ada acara di Bali.

“Untuk kapan harus ada dirut definitive, saya sendiri tidak manargetkan waktu. Tapi saya sudah pesan secepatnya agar pelayanan dan operasional lebih optimal,” imbuh Nur.

Kabag Perekonomian, Khalid, menyatakan jabatan Pjs Dirut PDAM ini berlaku sampai enam bulan. Selama waktu tersebut, rekruitmen akan segera dilakukan yang merupakan tanggung jawab dari bawas PDAM.

“Jadi nanti paralel. Bawas yang nanti akan mengurus tentang rekruitmen dirut baru,” kata Khalid.

Sementara itu Sunarno sendiri mengaku cukup gembira dengan keputusan tersebut. Akan tetapi ia mengakui bahwa jabatan menjadi Pjs Dirut PDAM ini tidaklah mudah. Terlebih dengan status yang juga mewajibkan dirinya merangkap sebagai direktur pelayanan.

“Mohon doa dan supportnya. Untuk saat ini, ada beberapa target, yang pertama adalah kami ini ingin meningkatkan pelayanan, saat ini 92 persen warga surabaya sudah terlayani, targetnya kita bisa menjangkau 100 persen melayani warga,” kata Sunarno.

Selain itu, pihaknya juga ingin mengatasi permasalahan ketersediaan air khususnya di wilayah barat. Pasalnya, di wilayah tersebut terbilang memang memiliki kontur tanah yang sulit. Yaitu dataran tinggi. Sedangkan saat ini baru ada satu pompa di sana yang membuat pelayanan terkadang terganggu.

“Akan tetapi tugas utama yang akan dilakukan adalah membenahi layanan, baik itu kontinyuitas, kualitas dan juga kuantitas,” tegas Sunarno.

Pihaknya pun berharap agar proses rekruitmen bisa berjalan cepat. Sebab jika formasi dirksi definitif lengkap maka akan semakin banyak kepala yang akan berkontribusi menemukan solusi dari permasalahan yang ada. (KS1/RED)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,437PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles