Surabaya Kembangkan Layanan dan Perijinan Lewat Mobile Apps

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Untuk mempermudah proses layanan dan perijinan bagi masyarakat Surabaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan program layanan kependudukan dan perizianan berbasis mobile application (mobile apps).

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

Dikatakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sistem perizinan dan layanan kependudukan dalam mobile apps ini bertujuan agar masyarakat dapat mengakses layanan melalui ponsel kapan pun dan dimana pun.

“Sekarang sedang kami bikin. Dan jika tidak ada kendala, minggu depan sudah siap kita launching,” terangnya melalui media rilis yang diterima, Rabu (2/3/2016).

Risma juga menegaskan bahwa dengan adanya mobile apps ini, masyarakat yang hendak mengurus akta kependudukan atau perizinan, nantinya cukup meng-unduh aplikasinya di handphone, memprosesnya dan bila dokumen sudah jadi, pemohon dapat print sendiri.

“Kalau di rumah tidak punya printer, bisa cetak di kantor kelurahan atau kecamatan,” jelas Risma.

Selain itu, Rismajuga mengatakan bahwa sejauh ini, Pemkot Surabaya sudah berupaya menghadirkan model pelayanan publik yang dekat dengan masyarakat, yaitu dengan membangun sistem perizinan online Surabaya Single Window (SSW).

“Sistem SSW ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat melalui e-Kios yang ada di kantor-kantor kecamatan dan kelurahan,” pungkasnya. (EP)

Leave a Reply