3.3 C
New York
Kamis, Desember 1, 2022

Buy now

Surabaya Pecahkan Rekor Inflasi Terendah Di Jawa Timur

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Secara mengejutkan, pada bulan Ramadhan (Juli) 2015, kota Surabaya mencetak angka inflasi terendah yaitu 0,38% dibandingkan dengan kota dan kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Suasana kota Surabaya saat malam hari. Selama Juli 2015 Surabaya mencatatkan mengalami inflasi paling rendah di Provinsi Jatim
Padahal selama ini menurut Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur Sairi Hasbullah, Surabaya tidak pernah absen menduduki tingkat inflasi tertinggi di Jawa Timur. Namun pada bulan lebaran lalu ternyata Surabaya menjadi yang terkecil dalam tingkat inflasi.

“Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Surabaya berhasil mengendalikan harga-harga komoditas pemacu inflasi,” terangnya di Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Senin (3/8/2015).

Tingkat inflasi Surabaya selama ini menurut Sairi selalu tinggi. Seperti pada bulan pada April 2015 yang mencapai 0,41%. Kemudian Mei 0,39% dan Juni berada di angka 0,54%. Bahkan pada Desember 2014 lalu, inflasi di Surabaya berhasil menembus angka 2,23%.

“Jadi inflasi bulan Juli ini adalah angka yang cukup mengejutkan untuk Surabaya yang selalu memegang rekor inflasi tertinggi di Jawa Timur. Ini dikarenakan beberapa sektor dan komoditas di Surabaya mengalami penurunan harga sehingga sangat berpengaruh dalam menekan inflasi,” terang Sairi.

Sementara itu untuk inflasi tertinggi di Jawa Timur pada bulan Juli ini dikatakan Sairi, dipegang jember, yang mencapai angka inflasi di 0,94%.

“Ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah Jember kurang berhasil dalam menahan angka inflasinya,” jelas Sairi.

Disisi lain, secara keseluruhan, inflasi Jawa Timur pada bulan Juli tercatat sebesar 0,51% yang berarti jauh dibawah inflasi secara nasional yang mencapai angka 0,93%. (Edmen Paulus)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,587PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles