-1.7 C
New York
Sabtu, Januari 23, 2021

Buy now

Tarif Tol Suramadu Turun 35%




SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Pada musim arus mudik dan balik Lebaran 2015 ini, para pemudik lebaran yang melintasi Jembatan Suramadu mendapat kemudahan potongan harga 35%.

Menurut Kepala Gerbang Tol Suramadu Suhariono, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo dan kementerian terkait, ada penurunan tarif tol khusus Lebaran selama arus mudik dan balik, maka tarif kendaraan roda empat atau lebih yang melintas Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) akan diberikan potongan harga.

Suasana Tol Suramadu saat mudik tahun lalu.
“Potongan harga ini mencapai 35%. Atau dengan kata lain, yang semula terkena tarif Rp30.000 menjadi Rp19.500 saja,” ujarnya di Surabaya, Selasa (7/6/2015).

Selain kendaraan roda empat dan golongan I, menurut Suhariono, tarif kendaraan golongan lainnya juga mengalami hal sama, yakni golongan II dari tarif Rp 45.000 menjadi Rp 29.500, dan kendaraan golongan III dari tarif Rp 60.000 menjadi Rp 39.000. Sedang untuk golongan IV dari Rp 70.000 menjadi Rp 58.500.

“Penurunan tarif tiket di jembatan suramadu ini mulai berlaku sejak H-10 hingga H+5. Jadi ini berlaku bagi kendaraan roda empat terhitung mulai 7-23 Juli 2015,” katanya.

PT Jasa Marga, kata Suhariono, mensosialisasikan penurunan tarif tiket tersebut dengan menempatkan beberapa pengumuman di sekitar loket, seperti sticker, spanduk dan papan pengumuman lainnya.

“Petugas kami juga pasti memberitahukan kepada pengendara, termasuk menyiapkan kembalian uang bagi pengendara yang membayar tarif sesuai semula.” ucapnya.

Khusus menghadapi arus mudik dan balik 2015, pihaknya menyiapkan tiga loket untuk kendaraan roda empat, atau bertambah satu loket dibandingkan tahun sebelumnya.

Disisi lain, General Manager PT Jasa Marga cabang Surabaya-Gempol, Raddy R Lukman mengatakan untuk akses jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga, tarip tol akan diturunkan sebesar 35 persen. Sementara untuk akses tol yang dikelola non-Jasa Marga, tarip tol akan diturunkan sebesar 25 persen.

“Semua tol tarifnya memang diturunkan selama mudik lebaran. Namun kami menjamin hal ini tidak akan mengurangi jasa layanan tol selama arus mudik lebaran, termasuk layanan jasa derek jalan tol yang berlaku selama 24 jam.” jelas Raddy.

Saat ini menurut Raddy, pengelola jalan tol kini sudah melakukan persiapan penurunan tarip tol tersebut. Diantaranya dengan melakukan upgrade seluruh mesin kasir tol yang ada di seluruh gerbang tol.

Dan pada saat pemberlakuan penurunan tarip ini nanti, mesin kasir di gerbang tol langsung secara otomatis mengeluarkan harga baru sesuai dengan tarip yang telah ditentukan.

Untuk tol Dupak-Waru atau Waru-Porong rata-rata penurunan taripnya hingga Rp 2.000. Sebab, panjang ruas tol ini juga relatif pendek. Dari biasanya Rp 3.000 menjadi Rp 2.000. (Edmen Paulus)




Related Articles

Stay Connected

21,397FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles