0.9 C
New York
Minggu, Januari 10, 2021

Buy now

Tiap Tahun, 3 Komponen selalu Pengaruhi Inflasi menjelang Lebaran




SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Setiap tahun menjelang lebaran selalu ada tiga komoditas utama yang perlu diwaspadai yaitu bahan makanan, makanan jadi dan transportasi. Ketiga komponen ini dinilai selalu memberikan pengaruh besar pada tingkat inflasi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, Sairi Hasbullah
Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, Sairi Hasbullah, hal ini terjadi karena memang demand terhadap ketiga hal itu selalu meningkat.

“Hal yang wajar bila demand meningkat tajam sementara supply tidak mampu memenuhi, maka akan terjadi kenaikan harga. Kenaikan ini yang memberikan kontribusi besar terhadap inflasi Provinsi Jawa Timur,” terang Sairi Hasbullah di Kantor BPS Provinsi Jawa Timur, Jumat (10/7/2015)

Ketiga komoditas yang masing-masing adalah bahan makanan, makanan jadi dan transportasi ini dikatakan Sairi, berperan andil mendongkrak inflasi Jawa Timur mencapai 0,92%.

“Andil bahan makanan menjelang lebaran pada bulan Juli 2015 mencapai 0,18 dengan inflasi sebesar 0,92 persen. Memang, sejak tiga tahun lalu, bahan makanan selalu memberikan andil terbesar menjelang Idul Fitri,” jelasnya.

Berdasar catatan BPS Jawa Timur, pada Juli 2013, kata Sairi, andil kelompok bahan makanan terhadap inflasi sebesar 1,39 dengan inflasi mencapai 5,75%. Sedangkan, pada Juli 2014 lalu memberikan andil sebesar 0,15 poin dengan inflasi sebesar 0,74%.

Sekalipun demikian, secara umum menurut Sairi, inflasi menjelang Lebaran di tahun ini lebih rendah dibandingkan lima tahun terakhir. Inflasi tertinggi terjadi pada tahun 2013 yang mencapai 2,96%.

“Kelompok pengeluaran rumah tangga memberikan porsi terbesar terhadap inflasi adalah transportasi, komunikasi dan jasa keuangan. Andil dari ketiganya, mengalami inflasi sebesar 8,07 persen atau menyumbang sebesar 1,26 poin terhadap total inflasi,” jelas Sairi.

Namun di tahun 2015, kontribusi transportasi belum terlihat, karena pencatatan data BPS menggunakan data bulan Juni, sementara kenaikan angkutan saat menjelang Lebaran, atau mulai H-7 Lebaran terjadi di bula Juli.

“Pencatatan bulan Juni ini yang menyebabkan transportasi masih belum ada lonjakan,” ujarnya.

Menurutnya, hingga Juni 2015 kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan hanya mengalami inflasi sebesar 0,14. Kontribusi dari ketiganya hanya memberikan sumbangan sebesar 0,02 poin terhadap total inflasi. (Edmen Paulus)




Related Articles

Stay Connected

21,322FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles