0.9 C
New York
Minggu, Januari 10, 2021

Buy now

TNI AL Siap Gelar Latihan Bersama US Navy




SURABAYA (kabarsurabaya.com) Latihan bersama TNI Angkatan Laut dengan US Navy dipastikan akan digelar pada awal Agustus 2015. Hal tersebut terungkap dari Paparan yang disampaikan Komandan Satuan Kapal Eskorta Koarmatim (Satkorarmatim) KolonelLaut (P) Arsyad Abdullah kepada Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pangarmatim Gedung Laksamana Nala Koarmatim Ujung, Surabaya, Jumat (19/6/2015).

Suasana pemaparan rencana latihan bersama TNI AL dengan US Navy
Komandan Satkor armatim selaku Komandan Satgas Latihan dengan sandi Cooperation Afloat Readiness And Training (Carat) 2015, menyampaikan bahwa Latma Carat 2015 merupakan suatu bentuk latihan bersama yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut dan US Navy/USMC (Comlog-Westpac). Hal itu dilakukan dalam kerangka kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat.

Lebih lanjut dikatakan Komandan Satkor armatim bahwa latihan tersebut bertujuan untuk mempererat kerja sama antara TNI Angkatan Laut dan USNavy. Serta meningkatkan profesionalisme prajurit dalam penyelenggaraan operasi di laut.

“Materi yang akan dikembangkan pada latihan tersebut adalah kemampuan mengaplikasikan dan mengembangkan doktrin, taktik dan prosedur operasi di laut sesuai referensi yang telah disepakati,” kata Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.

Kerjasama antara TNI AL dan US Navy dalam melaksanakan operasi laut sesuai dengan prosedur, kemampuan komando dan pengendalian dan komunikasi. Termasuk kerja sama teknis dan taktis antar personel TNI Al dan US Navy pada penyelenggaraan pelayanan masyarakat.

Serta kerjasama yang terjalin agar terus ditingkatkan dan terjalin silahturahmi di masa yang akan datang. KegiatanLatmaCarat 2015 akan berlangsung selama delapan hari dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan, baik yang berhubungan dengan peran militer maupun kegiatan yang berhubungan dengan layanan masyarakat dan kegiatan sosial.

Latihan-latihan tersebut diantaranya, latihan peperangan laut yang akan melibatkan beberapa kapal perangatas air dan kapal selam serta pesawat udara dari TNI AL dan US Navy. Termasuk Latihan pendaratan Amfibi oleh Marinir TNI AL dan US Marine Corp serta beberapa latihan yang dilaksanakan oleh Pasukan Elit TNI AL, Kopaska dan Dislambair, dengan pasukan elit dari Angkatan Laut Amerika.

Selain itu, akan dilaksanakan beberapa kegiatan dan latihan yang berhubungan layanan masyarakat dan kegiatan sosial. Diantatanya rehabilitasi gedung Sekolah Dasar yang akan dilaksanakan di Daerah Manyar, Gresik. Termasukbeberapa kegiatan konser music bersama antara TNI AL, US Navy dan Siswa SMA se-Jawa Timur yang akan dilaksanakan dibeberapa Plaza Surabaya, symposium kesehatan, menyantuni beberapa tempat anak berkebutuhan khusus, kunjungan kekapal perang Amerika dan kegiatan lainnya.

Hadir dalam paparan tersebut Komandan Guspurla Koarmatim Laksamana Pertama TNI I N.G. Ariawan, S.E, para Asisten Pangarmatim, para Kasatker Koarmatim serta para Ketua Working Group yang akan terlibat latihan. (red).




Related Articles

Stay Connected

21,323FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles