Walikota Surabaya Gelar Halal Bihalal bersama PNS

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Hari pertama masuk kerja setelah libur dan cuti Lebaran, Walikota dan wakil walikota Surabaya mengadakan acara halalbihalal di kalangan pemerintahan. Kegiatan itu diikuti ratusan pegawai negeri sipil (PNS) dari berbagai SKPD, pejabat level kecamatan, kelurahan, hingga jajaran Satpol PP serta Linmas di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Sejumlah pegawai antre untuk bersalaman dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Walikota Wisnu Sakti Buwana ketika halal bihalal di Balaikota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/7/2015)

Mereka antre dengan rapi di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya sejak pukul 07.00 pagi, untuk bersalaman dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana beserta para kepala dinas yang turut mendampingi.

“Ini sudah jadi tradisi. Setiap masuk hari pertama setelah Lebaran, para pegawai bersalaman dengan Bu Wali Kota,” kata Kepala Humas PemKot Surabaya Muhammad Fikser, di acara halal bi halal, Rabu (22/7/2015).

Yang menarik untuk tahun ini, para PNS ini menggunakan pakaian khas cak dan cing, dan tidak menggunakan seragam pegawai pemerintahan yang biasanya.

Menurut Risma, peraturan mengenakan pakaian adat Suroboyoan itu sebenarnya sudah diberlakukan sejak April yang lalu. Jadi setiap Rabu, mereka diwajibkan menggunakan pakaian adat khas tersebut.

“Ini tujuannya agar para abdi masyarakat mencintai budaya negeri sendiri, terutama bangga terhadap jati diri sebagai arek-arek Suroboyo,” terangnya.

Dan menurut Risma, selain ada pengaruh positif secara psykis dan membangkitkan kebanggaan, ternyata, juga mampu membangkitkan sektor ekonomi, karena sekarang jadi banyak yang pesan baju cak dan ning. (Edmen Paulus)

Leave a Reply