5 Mahasiswa Berprestasi UKWM, Berhasil Munculkan Temuan-Temuan Yang Menakjubkan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Beberapa mahasiwa dan mahasiswi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWM) dalam karya/tugas akhirnya, berhasil melakukan beberapa penelitian yang hasilnya sangat menarik.

Dan salah satunya adalah Maria Fenni Kioek, mahasiswa Fakultas Farmasi UKWM yang  berhasil membuat buah kiwi yang kaya vitamin C, menjadi lotion kaya antioksidan.

Maria Fenni Kioek, mahasiswa Fakultas Farmasi UKWM berhasil membuat buah kiwi yang kaya vitamin C, menjadi lotion kaya antioksidan

Menurut Maria, penemuan dengan mengolah ekstrak kiwi menjadi lotion untuk kulit ini karena pada kenyataannya, lotion sebagai produk perawatan kulit sangat umum dan banyak digunakan masyarakat terutama perempuan.

“Tingginya penggunaan lotion ini membuat saya berfikir untuk menciptakan lotion yang bisa melembabkan, melembutkan, dan melindungi kulit, serta sangat ampuh sebagai antioksidan dan melindungi dari radikal bebas,” terangnya, Jumat (29/4/2016).

NamunMeski demikian, Maria meyakini bahwa dia akan terus melakukan penyempurnaan terhadap temuannya ini, karena saat ini lotion temuannya hanya bisa bertahan selama 3 bulan.

Foto Bersama Wisudawan Berprestasi Terbaik UKWMS dan AkSe WMS

Sementara Angga Mardiarsa mahasiswa dari Fakultas Farmasi melakukan penelitian untuk menciptakan antibiotik baru dari Golongan Hidrazon, yang proses pembuatannya dilakukan dengan mensintesis atau mereaksikan senyawa 4-metoksibenzaldehida (cair) dan 4-hidroksibenzohidrazida (padat) dan menghasilkan N’-(4-metoksibenzilidene)-4-hidroksibenzohidrazida (serbuk kristal) melalui iradiasi gelombang mikro (pemanasan menggunakan microwave).

Berbeda dengan Maria dan Angga, Jennifer Pieter Soetardji lebih memilih modifikasi batuan alam untuk selamatkan biota akuatik.

Dalam kacamata Jennifer, tingginya kadar amoniak dalam kolam yang mengancam kehidupan biota akuatik seperti ikan. Karena itu ia memodikasi zeolit menggunakan larutan NaOH yang berguna untuk menyerap amoniak yang ada dalam kolam.

“Penggunaan zeolit tanpa modifikasi juga bisa tetapi efek penghilangan amoniak memakai zeolit termodifikasi jauh lebih besar daripada zeolit biasa,” ujar Jennifer.

Zeolit yang dimaksud adalah batuan alam yang biasa digunakan untuk filter dalam kolam ikan, atau pemurnian air, dan lainnya.

Lain lagi dengan Alfonsus Dhani Arianda Haryono, mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro ini justru menuliskan skripsinya tentang system parker yang praktis.

Terinspirasi dari sistem parkir di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya dan sulitnya mencari tempat parkir di Kampus Widya Mandala Kalijudan ketika siang hari, membuat Alfonsus merancang sistem monitor parkir untuk kendaraan roda dua.

Berbeda dari sistem monitor parkir yang sudah ada, inovasi Alfon mampu menampilkan letak tempat parkir secara spesifik, jumlah tempat parkir yang kosong hingga membunyikan alarm apabila ada pelanggaran dalam penempatan kendaraan.

“Dengan sistem ini pengendara yang mau parkir bisa melihat melalui monitor yang dipasang di pos satpam mana tempat parkir yang kosong dan kalau tidak parkir pada tempat yang disediakan, alarm di pos satpam akan berbunyi dan pengendara bisa segera ditindak,” jelas Alfon.

Sementara itu, Angelina Hartono Soebijanto yang berhasil menuntaskan masa studinya selama 3,5 tahun di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Bahasa Inggris UKWM, justru menyoroti tentang ingkat kelayakan (readability level) buku paket yang ada saat ini.

“Menurut saya manfaat penelitian ini terutama pada dunia pendidikan, karena penting sekali memastikan bahwa buku paket yang dipergunakan sesuai dengan sasaran yang dituju,” ungkapnya. (EP)

Leave a Reply