2.1 C
New York
Jumat, Desember 9, 2022

Buy now

ASPIKOM Gelar Konferensi Nasional Bahas Perkembangan Pendidikan dan CSR sebagai Strategi Perusahaan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi ilmu komunikasi di Indonesia dan perkembangan disiplin ilmu lainnya yang mulai serius mempelajari ilmu komunikasi, studi ilmu komunikasi perlu terus membangun ‘body of knowledge’ agar tidak tertinggal oleh disiplin ilmu yang lain.

Melihat hal tersebut, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya dan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang menggelar Konferensi Nasional Komunikasi  ASPIKOM 2015 di Airlangga Room, Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya.

Konferensi ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada para peneliti dan dosen ilmu komunikasi mengembangkan gagasan, pemikiran maupun hasil karya, sekaligus sebagai sumbangsih pada perkembangan akademik bidang ilmu komunikasi dalam berbagai perspektif.

Dengan mengambil tema ‘Penguatan dan Perluasan Studi Ilmu Komunikasi dalam Perspektif Interdisipliner’, Konferensi Nasional ini dihadiri oleh pemakalah konferensi, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dari universitas yang tergabung ASPIKOM dan para akademisi dari berbagai institusi. Turut hadir sebagai pembicara utama yakni mantan Walikota Surabaya, Dr. Tri Rismaharini.

Berada di ruangan berbeda, ASPIKOM bekerjasama dengan PT. Amerta Pijar Indonesia menggelar CPT (Corporate Social Responsibility Professional Training). Maraknya perdebatan mengenai CSR sebagai kewajiban maupun kesukarelaan semakin hangat terutama dengan adanya Peraturan Daerah tentang CSR.

Sedangkan secara global, isu CSR telah masuk dalam ukuran kinerja perusahaan, baik melalui    ISO 26000 dan Global Reporting Initiative. Melihat fenomena ini, praktisi dan akademisi perlu mendalami hal tersebut.

Dalam kesempatan itu, Riza Primahendra, MM dan Teguh Mujiono, SE., MM sebagai praktisi CSR serta Setio Budi HH sebagai akademisi dan praktisi Public Relations (PR), memberikan pemaparan mengenai bagaimana membuat strategi CSR dan kaitan praktik CSR dengan dunia PR.

“Cara yang dapat digunakan untuk merancang CSR bisa melalui Logic Frame dengan berangkat dari akar masalah, mencari penyelesaian melalui program yang terencana dan sistematis hingga   dampak yang ingin dicapai,” papar Riza.

Ada baiknya dalam pelaksanaan CSR, Tim CSR berjalan sinergi dengan PR karena mereka yang akan mengkomunikasikan kepada stakeholder internal dan eksternal. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,601PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles