AXA Mandiri Cetak Kenaikan Laba Sebesar 23,4% pada Tahun 2014

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) menunjukkan posisinya sebagai pemimpin pasar bancassurance di Indonesia dengan berhasil mencatatkan pencapaian laba bersih senilai Rp 1,2 triliun, naik 23,4% dari tahun sebelumnya.

Ist

Selain itu AXA Mandiri berhasil mencatat kenaikan total premi sebesar 33% pada periode yang sama. Peningkatan tersebut turut pula memberikan kontribusi kenaikan total aset sebesar 39,8% dengan perolehan di 2014 senilai Rp 22,7 triliun. Naiknya laba perusahaan turut memperkuat nilai ekuitas AXA Mandiri sebesar 12,5%, dari Rp 1,9 triliun menjadi Rp 2,1 triliun.

Chief Financial Officer AXA Mandiri Franz Lathuillerie menjelaskan pertumbuhan laba AXA Mandiri dipengaruhi oleh adanya peningkatan pembayaran premi lanjutan sebesar 45% dibanding tahun sebelumnya,

“Peningkatan kinerja keuangan AXA Mandiri sepanjang 2014 telah menunjukkan pertumbuhan yang positif dan signifikan berkat kerjasama yang solid antara dua pemegang saham yaitu Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Indonesia dan AXA yang berpengalaman dalam mengelola asuransi jiwa,“ ujar Franz.

Lebih lanjut Franz menjelaskan bahwa catatan menggembirakan lainnya disumbangkan oleh pendapatan investasi AXA Mandiri senilai Rp 3,3 triliun, naik 538,9% dibandingkan tahun 2013. Hal ini disebabkan oleh kondisi pasar modal di Indonesia pada tahun 2014 yang membaik dibandingkan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan laba bersih dan aset perusahaan turut memperkuat kondisi kesehatan keuangan AXA Mandiri, terlihat dari rasio kecukupan modal (risk based capital/RBC) yang mencapai 489% untuk portofolio konvensional dan mencapai 152% untuk dana tabarru’ dari portofolio syariah.

Angka-angka tersebut jauh melebihi ketentuan minimum yang dipersyaratkan oleh regulator perasuransian yakni 120% untuk portofolio konvensional dan 30% untuk portofolio syariah.

“Angka tersebut menunjukkan bahwa AXA Mandiri mampu memberikan perlindungan dan memenuhi kewajiban nasabah di atas persyaratan yang telah ditetapkan oleh regulator,” jelas Franz.

Sebagai bukti komitmen dan tanggung jawab terhadap Nasabahnya, AXA Mandiri mengucurkan dana senilai Rp 3,2 triliun untuk pembayaran klaim dan manfaat, angka ini naik sebesar 89.2% dibandingkan dengan tahun 2013.

Lebih lanjut Director of Operations AXA Mandiri Kartono menegaskan, fokus kepada nasabah merupakan kunci sukses AXA Mandiri sepanjang tahun 2014. Berbagai inovasi di bidang produk dan layanan diluncurkan oleh AXA Mandiri sebagai bagian dari komitmen terhadap Nasabah.

Di tahun 2014 AXA Mandiri meluncurkan Mandiri Sejahtera Cerdas yang membantu perencanaan keuangan untuk memastikan kesiapan dana pendidikan bagi anak serta fund baru yaitu High Watermark yang memberikan garansi 80% dari Nilai Aktiva Bersih (NAB) tertinggi.

Sedangkan untuk digital, AXA Mandiri melakukan terobosan baru berupa penjualan produk asuransi melalui kanal e-commerce belionline. Begitu juga dari sisi layanan, AXA Mandiri memperkuat komitmennya dengan layanan asuransi bergerak melalui mobile service, layanan klaim di rumah sakit dengan care corner, quick response untuk nasabah prioritas, serta layanan penting lainnya.

”Sesuai dengan tema putting the customer first AXA Mandiri membuktikan komitmennya untuk selalu mengutamakan nasabah dalam setiap inisiatif yang diluncurkan. Inisitiaf tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi nasabah in branch namun juga untuk nasabah telemarketing, digital dan korporat“, ujar Kartono. (Edmen Paulus)

Leave a Reply