Barpus Surabaya Sosialisasi Penataan Arsip

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Dinilai penting perihal penyimpanan arsip data, Badan Arsip dan Perpustakaan (Barpus) Kota Surabaya mengumpulkan perwakilan pegawai dari seluruh kecamatan untuk diberikan arahan dan sosialisasi tentang penataan dan penyimpanan arsip yang dinamis.

Dalam sosialisasi di ruang Bimtek Barpus Surabaya tersebut, seluruh peserta mendapatkan buku Perwali No. 1 tahun 2014 tentang Salinan Jadwal Retensi Arsip Subtantif dan Fasilitatif non Keuangan dan non Kepegawaian Pemerintah Kota Surabaya serta buku kendali surat masuk dan surat keluar.

Kepala Barpus Kota Surabaya, Arini Pakistyaningsih mengatakan, seiring berkembangnya jaman dalam melakukan penataan arsip memang perlu seseorang yang memiliki kecerdasan. Pasalnya jika arsip tertata dengan dinamis akan mudah untuk mencari arsip yang di inginkan nantinya. ” Apalagi saat ini ada sanksi jika (Kecamatan. Red) tidak bisa menyediakan data atau arsip yang dimohonkan masyarakat ” ungkapnya. Selasa (12/05/2015)

Selain harus menggunakan orang yang cerdas, Arini menuturkan ruangan untuk penataan arsip harus sesuai standarisasi ” Harus ada ruangan sendiri, suhu didalam ruangan juga diatur, harus bersh dan mendapatkan perawatan pamperisasi ” tuturnya

Kemudian Arini menegaskan, keberadaan arsip sangatlah penting lantaran sebagai bahan pertimbangan atau sumber informasi ” arsip juga bisa di jadikan sebuah alat bukti yang autentic. Maka harus benar benar tertata dan terjaga keberadaannya ” tegasnya (Bgs/Pem)

Leave a Reply