Djarum Foundation Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa

MALANG (kabarsurabaya.com) – Program beasiswa selalu menjadi gula bagi sebagian besar pelajar karena akan sangat membantu dalam kelancaran proses pendidikan. Kali ini, Djarum Foundation kembali membuka pendaftaran beasiswa prestasi “Djarum Beasiswa Plus 2016/2017”.

Sekitar 500 slot beasiswa telah disediakan Djarum Foundation untuk mahasiswa berprestasi dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia.


Open Booth Djarum Beasiswa Plus

Selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, penerimanya juga mendapatkan berbagai macam pelatihan keterampilan lunak atau soft skills, guna menyiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Hal inilah yang membedakan Djarum Beasiswa Plus dengan program beasiswa lain.

Program Associate Djarum Foundation, Laksmi Lestari menjelaskan, mendapatkan informasi beasiswa yang akurat sangat penting, mengingat seleksi beasiswa prestasi Djarum Beasiswa Plus amatlah ketat.

“Tahun lalu misalnya, lebih dari 15.000 peminat mendaftar hingga akhirnya kami loloskan 522 mahasiswa. Banyak pendaftar yang memiliki kemampuan akademik dan keaktifan organisasi tinggi sehingga kompetisi menjadi ketat,” jelas Laksmi.


Open Booth Djarum Beasiswa Plus

Guna membantu memberikan informasi bagi calon pendaftar, dibuka stan informasi (Open Booth) di berbagai kampus. Tujuannya, calon pendaftar mendapatkan kiat melakukan registrasi dan proses melewati seleksi.

Dan Universitas Brawijaya menjadi salah satu lokasi stan informasi untuk Jawa Timur. Lokasi serupa akan ada juga di Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Negeri Malang, Universitas Merdeka, Akademi Bisnis Manajemen (STIEA-ABM), Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Airlangga,  Politeknik Negeri Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional, UIN Sunan Ampel,  serta Universitas Trunojoyo.

Muhammad Dawam Dkirillah, mahasiswa Universitas Brawijaya yang telah mendapatkan beasiswa Djarum Beasiswa Plus tahun lalu, menjelaskan bahwa dirinya telah mempunyai pengalaman melakukan pendaftaran dan melewati seleksi.

“Kami hadir di Open Booth kampus kami dan siap menjawab pertanyaan peminat. Juga, melakukan demo bagaimana melakukan aplikasi secara daring.” Jelasnya.

Sementara Roro Ajeng Sekar Arum, Alumni Beswan Djarum, menjelaskan bahwa mendapatkan beasiswa berkualitas tentu memberi nilai plus bagi mahasiswa. Dan Djarum Beasiswa Plus telah memberikan dirinya bekal karakter pemimpin yang visinya kuat dan percaya diri.

“Saya juga dapat kesempatan kenal dan berjejaring dengan ratusan mahasiswa dari seluruh penjuru Nusantara. Walau hanya 1 tahun, saya mendapat bekal untuk seumur hidup saya,” tambah Roro.

Disisi lain, Ferry Subagyo, Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Brawijaya menilai, Generasi muda memerlukan ketrampilan hidup yang mumpuni. Djarum Beasiswa Plus memberikan penyelarasan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di perguruan tinggi dengan berbagai keterampilan lunak (soft skills) yang diperoleh dari program ini.

“Lulusannya, bagai sebulir padi, di kemudian hari tumbuh menjadi pemimpin masa depan dan menyebarkan kebaikan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui, Program Djarum Beasiswa Plus adalah program beasiswa berprestasi yang diberikan bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia.

Yang membedakan Djarum Beasiswa Plus dengan program beasiswa lain adalah, selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai macam pelatihan ketrampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Pelatihan ini meliputi Nation BuildingCharacter BuildingLeadership DevelopmentCompetition Challenges, serta International Exposure.

Tidak hanya berhenti sampai di sini, melalui program Community Empowerment, Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai ketrampilan lunak yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada.

Tujuan lain dari program ini adalah agar para penerima beasiswa Beswan Djarum di kemudian hari menjadi pemimpin masa depan bangsa yang cakap secara intelegensia maupun emosional.

Sejak tahun 1984 sudah lebih dari 9.300 mahasiswa berprestasi telah menjadi penerima program ini. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan di lebih dari 112 perguruan tinggi unggulan di seluruh 34 provinsi di Indonesia.

Sebuah bukti keseriusan Djarum Foundation dalam komitmennya membangun bangsa melalui pendidikan. (EP)

Leave a Reply