12.9 C
New York
Rabu, Desember 7, 2022

Buy now

Huawei Kirim Mahasiswa Terbaik Indonesia Belajar Inovasi Teknologi di Tiongkok

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – PT HuaweiTech Investment, mengikutsertakan 12 mahasiswa terbaik dari 10 universitas terkemuka di Indonesia untuk mengikuti pelatihan ‘Huawei Undergraduate Work Program’ selama dua minggu di Beijing dan Shenzhen, Tiongkok.

Kegiatan yang dimulai dari tanggal 21 November hingga 4 Desember 2015 ini, seperti dikemukakan Sheng Kai, CEO Huawei Indonesia, merupakan bagian dari program CSR global ‘Seeds for the Future’ yang diprakarsai oleh Huawei dan sudah diadakan sejak tahun 2011.

Huawei Kirim 12 Mahasiswa Terbaik Indonesia Belajar Inovasi Teknologi di Tiongkok

Sheng Kai mengakui, bahwa sumber daya manusia yang berkualitas adalah pilar pembangunan dan kemajuan teknologi suatu negara. Dan melalui program Huawei Seeds for the Future ini, pihaknya ingin mewujudkan komitmen untuk mengembangkan kualitas talenta muda lokal agar maju di bidang TIK dan mampu berkontribusi untuk pembangunan.

“Kami akan senantiasa melanjutkan investasi kami di bidang pendidikan, agar tercapai kualitas sumber daya manusia yang unggul. Dan kami berharap program ini dapat menambah wawasan serta memberikan pengalaman berharga bagi para peserta,” katanya, melalui release yang diterima kabarsurabaya.com, Sabtu (5/12/2015).

Program yang sudah berlangsung tiga tahun berturut-turut ini, bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa terbaik di Indonesia untuk melihat secara langsung proses operasional dan inovasi Huawei sebagai salah satu perusahaan teknologi dunia, serta mengenal budaya dan kehidupan di Tiongkok.

Program yang berlangsung selama dua minggu ini terbagi menjadi dua tahap kegiatan. Dimana pada minggu pertama, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempelajari budaya Tiongkok termasuk mengikuti pelatihan dasar Bahasa mandarin, kaligrafi, melukis, serta sesi pertukaran ide dengan murid lokal.

Kemudian pada minggu kedua, para mahasiswa mengikuti pelatihan mengenai inovasi teknologi terbaru di Kantor Pusat Huawei.

Tidak hanya itu saja, mereka juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi pabrik Huawei dan melihat secara langsung proses produksi perangkat terbaru melalui kegiatan di demo room milik Huawei.

Sementara itu, Sri Cahaya Khoironi, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan, bahwa Pemerintah sangat mendukung inisiatif Huawei dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia ini.

“Pemerintah mendukung dan menghargai peran Huawei untuk turut mengembangkan sumber daya manusia Indonesia yang kompetitif melalui berbagai pelatihan yang diselenggarakanya. Ini juga sesuai dengan agenda nasional pemerintah untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas talenta Indonesia,” lanjutnya.

Sri juga mengnaympaikan bahwa pihaknya sangat berharap program seperti ini dapat diteruskan dan diadaptasi oleh perusahaan multinasional lainnya. Diketahui, Huawei Indonesia telah memfokuskan program CSR di bidang pendidikan sejak tahun 2009 melalui pemberian beasiswa, pelatihan, dan program kerja praktek bagi mahasiswa teknik dari berbagai universitas ternama di Indonesia.

Dan pada tahun 2011, Huawei bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan mendirikan Pusat Pelatihan IP (IP Training Center). Tidak hanya, melalui program Huawei Certified Datacom Associate (HCDA) yang dilaksanakan pada tahun 2014, Huawei telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 200 mahasiswa dari 6 universitas terkemuka di Indonesia.

Tahun ini, Huawei juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Institut Teknologi DEL (IT DEL) untuk memberikan pelatihan di bidang TIK dan pengembangan sumber daya manusia yang akan dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,603PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles