Kedutaan Kerajaan Inggris Sosialisasikan Kalkulator Energi 2050 Kepada Awak Media Surabaya

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Guna memenuhi kebutuhan dan ketersediaan energi hingga tahun 2050 Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementrian ESDM bekerjasama dengan Pemerintah Inggris mengadakan sosialisasi Kalkulator Energi Indonesia 2050.

Sosialisasi yang diadakan oleh Kedutaan Besar Kerajaan Inggris bekerjasama dengan awak media yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan ini diadakan di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Kamis 3 September 2015.

“Kalkulator Energi Indonesia 2050 adalah sebuah program komputer dengan tampilan sederhana berbasis web sehingga semua orang yang memiliki akses internet bisa mengaksesnya.” terang Rizka Sari, Energy Adviser UK Climate Changer Unit British Embassy Jakarta.

Selain menampilkan suplai dan demand, web tool juga menampilkan perkiraan dari emisi yang dihasilkan dan dampak yang dihasilkan oleh penggunaan energi tersebut tambah Rizka.

Kehadiran Kalkulator Energi 2050 dilatarbelakangi dengan tidak diikutsertakannya masyarakat dalam pengambilan kebijakan oleh pemerintah, dan oleh karena tidak diikutsertakannya tersebut publik tidak bisa mengawasi, mengetahui dan memantau kebijakan tersebut urai Rizka.

Diharapkan dengan hadirnya Kalkulator Energi 2050 yang baru dilaunching bulan April kemarin bisa membantu publik dalam mengawasi kebijakan khususnya kebijakan terkait energi yang diambil oleh pemerintah tutup Rizka. (Edmen Paulus)

Leave a Reply