34 C
New York
Selasa, Agustus 9, 2022

Buy now

Kemendikbud Gelar Tiga Lomba Kesejarahan, Untuk Peringati Hari Sejarah Indonesia

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar tiga lomba kesejarahan untuk memeriahkan peringatan Hari Sejarah Indonesia HIS, meski HIS masih dalam proses pengusulan untuk ditetapkan pada 14 Desember.

Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Kemendikbud, Endjat Djaenuderadjat mengatakan, tiga jenis perlombaan dalam peringatan HIS kali ini diantaranya adalah lomba foto diri mirip pahlawan nasional, lomba logo gerakan nasional cinta sejarah dan lomba reportase sejarah.

“Ketiga lomba tersebut memiliki makna agar masyarakat terutama generasi muda senantiasa mencintai dan mempelajari sejarah,” katanya, Selasa (3/11/2015) melalui press release Kemendikbud.

Lomba foto diri mirip pahlawan nasional, lanjut Endjat bertujuan sebagai sarana mendekatkan masyarakat, khususnya generasi muda dengan tokoh-tokoh yang telah diangkat sebagai pahlawan nasional, yang semasa hidupnya berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan berbangsa dan bernegara.

Untuk lomba logo gerakan nasional cinta sejarah, dirancang untuk mendapatkan logo gerakan nasional cinta sejarah yang dapat mendorong keterlibatan masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih peduli pada sejarah.

“Dengan lomba logo ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa bangga, nasionalisme dan cinta tanah air,” jelas Endjat.

Sementara lomba untuk reportase sejarah, Endjat mengungkapkan kegiatan tersebut berupa peliputan jurnalistik dalam bentuk audio visual, tentang suatu peristiwa sejarah di suatu tempat bersejarah seperti monumen, makam, bangunan bersejarah dan tempat-tempat bersejarah.

“Video dapat menggambarkan kecintaan terhadap tanah air dan nasionalisme,” lanjutnya.

Selain mendapatkan hadiah berupa sertifikat dan uang tunai dengan nilai yang berbeda-beda, pemenang I, II, III juga akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti perayaan Hari Sejarah pada tanggal 4-6 Desember 2015 mendatang.

Semua karya yang dilombakan harus diterima panitia paling lambat tanggal 25 November 2015 ke alamat [email protected], atau juga bisa diakses melalui media social Twitter dengan nama akun @GentaSejarah.

Seperti diketahui, tanggal 14 Desember dipilih sebagai HIS karena tanggal tersebut bertepatan dimulainya Seminar Sejarah Nasional tahun 1957. Maklumat HIS telah dilaksanakan pada 6 Mei 2014 di Kota Yogyakarta, tempat dilaksanakannya Seminar Nasional Sejarah tahun 1957 yang menyemai lahirnya historiografi modern Indonesia. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,432PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles