26.1 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022

Buy now

LPM Qimah UINSA Gelar Latihan Jurnalistik

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) merupakan wahana mahasiswa untuk bejalar jurnalisitik di kampus. Untuk itu, LPM selalu mengajak setiap anggota baru untuk langsung terjun ke lapangan untuk belajar memperolah informasi yang diramu menjadi berita.

Hal itu juga yang dilakukan oleh LPM Qimah Fakultas Sastra dan Humaniora Universitas Islam Negeri Surabaya (UINSA), atau yang biasa disebut dengan Diklat Jurnalistik Dasar di gedung DPW PKB Ketintang Madya Surabaya, Minggu (25/10/15).

Menurut Pimpinan Umum LPM Qimah, Ahmad Nurul Firadus menjelaskan acara yang berlangsung mulai hari jumat hingga minggu (23-25 oktober) tersebut, diikuti 15 mahasiswa baru.

Tidak hanya dari fakultas Humaniora sendiri, kegitan ini juga diikuti dari mahasiswa dari luar,seperti Unsuri dan Mahasiswa dari IAIQ Gresik. Mereka diberikan materi yang berhubungan tentang dunia Jurnalistik. Seperti mencari isu, proses wawancara, hingga membuat berita.

“Tujuannya, setelah mengikuti diklat ini mereka akan mampu menulis berbagai produk jurnalistik seperti buletin, koran dan majalah kampus,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan dalam diklat tersebut juga didatangkan pemateri yang berkompeten. Sebab kebanyakan pematerinya diambil dari para senior LPM Qimah yang memang setelah lulus mereka masih berkecimpung di dunia jurnalistik.

“Ya kita minta para senior untuk mengisi acara tersebut setiap tahunnya dan kita ambil yang memang masih berkecimpung di dunia jurnalistik,” terangnya.

Selama tiga hari para peserta digembleng dengan beberapa materi dan di akhir DJD mereka langsung turun lapangan. Hal itu untuk mengaplikasikan materi yang mereka dapat, meskipun materi yang disampaikan hingga larut malam akan tetapi peserta tidak merasa capek, mereka tetap antusias.

“Pematerinya keren dan yang disampaikan gak monoton, jadi gak ngerasa capek, panitianya juga baik-baik, Friendly banget deh pokoknya”, ujar fahmi salah satu peserta. (KS3/RED)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,437PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles