Mahasiswa UMSurabaya, Ciptakan Masjid High Technology

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya mencoba membuat terobosan dalam mengembangkan masjid di Indonesia, melalui sebuah konsep Masjid High Technology. Hal ini didasari oleh masih banyaknya masjid yang bersifat konvensional dan jauh dari sentuhan kemajuan kreativitas dan inovasi. Padahal Indonesia merupakan Negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia.

Mahasiswa UMSurabaya, Ciptakan Masjid High Technology

Masjid yang dirancang ini memiliki beberapa keunggulan, seperti LED shaf sholat otomatis untuk meluruskan barisan ketika sholat dan merapatkan shaf sholat sesuai tuntunan, alat perusak sinyal HP yang digunakan untuk menonaktifkan HP ketika sholat dimulai, kompas arah kiblat otomatis dengan sinar laser digunakan untuk meluruskan shaf sholat di luar lapangan ketika acara-acara besar keagamaan, serta dilengkapi dengan tempat parkir otomatis yang memudahkan jama’ah memarkirkan kendaraannya dalam menentukan slot parkir yang kosong.

Hewin Firmanda sebagai ketua projek menjelaskan, bahwa produk yang dibuat ini sebagai sumbangsih pemikiran dalam mengembangkan masjid modern dengan berbagai keunggulan dibanding dengan masjid-masjid yang kebanyakan ada saat ini.

“Kami berharap konsep masjid high technology ini dapat diterapkan di semua masjid yang ada di Surabaya khususnya, dan di Indonesia pada umumnya,” terangnya, Selasa (12/4/2016).

Terkait dengan inovasi ini, Rektor UM Surabaya, Dr. dr. Sukadiono, M.M, mengungkapkan bahwa produk kreatif yang dibuat oleh mahasiswa merupakan sebuah gagasan baru dalam mengembangkan masjid inovatif, sebagai ciri khas gerakan Muhammadiyah yang berkemajuan.

Dan ke depan, akan ada produk-produk kreatif mahasiswa dari UMSurabaya yang akan menyawab berbagai persoalan bangsa.

“Kita ada program inovasi mahasiswa. Dan di tahun ini, kita punya 30 produk inovasi karya mahasiswa yang beberapa diantaranya akan kita patenkan. Usaha-usaha ini sejalan dengan visi kami, yaitu sebagai kampus sejuta inovasi,” pungkasnya. (EP)

Leave a Reply