Mahasiswi Ubaya Ciptakan Tas dan Sepatu Etnik Afrika

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Mahasiswa Jurusan Fashion and Produk Life Style Fakultas Industri Kreatif Ubaya angkatan 2012 membuat tas handmade dengan mengusung tema Tribe of Rhululu. Rani Mandashari membuat empat produk khusus wanita, yaitu dua sepatu dan dua tas dengan tampilan Africa Modern yang lebih trendi dan fresh. Produk tersebut dibuat sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Lifestyle Product Design Project II.

Produk yang dipublikasi di Selasar Fakultas Hukum Universitas Surabaya, Kampus II Ubaya, Jl. Raya Kalirungkut Surabaya mulai Kamis (2/6/2016) ini menurut Rani, terinspirasi dari masyarakat Afrika terutama wanita Afrika.

Produk khusus wanita, yaitu sepatu dan tas dengan tampilan Africa Modern, yang berhasil di buat Rani Mandashari

Ceritanya dulu ada leluhur wanita Afrika yang bernama Rhululu, dia adalah wanita yang anggun, kuat, dan  suka menari. Dalam kisah Rhululu, dijelaskan bahwa masyarakat Afrika memiliki tradisi mengecat tubuhnya dengan motif tribal dan juga menggunakan turban pada bagian kepala. Semakin banyak motif tribal dan semakin tinggi turban menandakan semakin tinggi derajat seseorang.

“Saya akhirnya tertarik untuk menggabungkan Rhululu dan Tribal dalam produk saya, dengan harapan agar seseorang yang menggunakan produk saya dapat terlihat anggun dan kuat,” ujarnya.

Untuk produk tas, ia melengkapi dengan 2 jenis, yaitu tas jinjing berukuran 30 cm dan tas tangan kecil berbentuk bulat berukuran 20 cm. Sementara untuk sepatu juga tersedia dalam 2 jenis, yaitu heels (9 cm) dan flat shoes (40 cm).

“Tas dan sepatu yang mengkombinasikan antara warna hitam, merah, biru, hijau, kuning, dan putih dengan motif tribal yang di bordir ini sangat anggun dan menarik untuk dipakai,” tambah Rani.

Untuk lama produksi yang diperlukan untuk menggarap 4 produk tersebut, Rani membutuhkan waktu 4 minggu dan menghabiskan biaya sebesar Rp 1.500.000. (EP)

Leave a Reply