OJK Luncurkan Buku Mengenal Jasa Keuangan untuk SD

SURABAYA (klabarsurabaya.com) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan buku Mengenal Jasa Keuangan untuk kelas 4 dan 5 SD yang dilengkapi dengan alat peraga edukasi keuangan bernama Sikapiuangmu. Buku ini merupakan materi pengkayaan, yang akan diajarkan kepada siswa untuk memperkenalkan sejak dini mengenai konsep-konsep keuangan, pengelolaan keuangan dan berbagai produk dan jasa keuangan.

Acara peluncuran yang digelar di SDN Menteng 01 Jakarta, dihadiri Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Kusumaningtuti S. Soetiono (Tituk), Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad, serta Kepala SD Menteng 01, Kepala SD Menteng 02, dan Kepala SD Menteng 03.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Bank Panin dan Bank Mandiri yang telah menjalin kerja sama untuk produk tabungan SimPel.

Di jelaskan Kusumaningtuti, materi buku ini meliputi pengenalan tentang OJK dan industri jasa keuangan yang meliputi perbankan, asuransi, pembiayaan, pasar modal, dana pensiun, pergadaian, dan ekonomi syariah.

“Buku ini baik untuk mulai mengenalkan anak-anak SD kelas 4 dan 5 mengenai berbagai hal di sektor keuangan, sekaligus mengenalkan OJK sebagai otoritas di sektor keuangan kepada anak-anak,” katanya, Jumat (27/11/2015).

Ditambahkannya, bahwa sejak tahun 2014, OJK bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun buku edukasi keuangan tingkat SMA dan SMP yang kemudian dilanjutkan dengan penyusunan buku edukasi keuangan tingkat SD.

“Penyusunan buku ini merupakan bagian dari implementasi pilar pertama dari Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia,” tambah Kusumaningtuti.

Sebelumnya, pada tanggal 12-13 November 2015, telah diselenggarakan Training of Trainers (TOT) kepada 68 guru dari 33 provinsi, mengenai buku Mengenal Jasa Keuangan ini, dimana para guru juga berlatih menggunakan permainan Sikapiuangmu yang merupakan gamification dari pengenalan produk dan jasa keuangan, sehingga siswa dapat bermain sambil belajar.

Kegiatan TOT merupakan implementasi dari salah satu pilar kedua Strategi Nasional Literasi Keuangan yaitu melakukan training of trainers guru dan dosen, sebagai upaya menyiapkan sumber daya manusia pelaksana edukasi dan kampanye nasional literasi keuangan, guna mewujudkan pelaksanaan literasi secara efektif dan efisien yang optimal dan berkesinambungan.

Sebagai tindak lanjut dari peluncuran buku ini, OJK berencana akan mendistribusikan buku dan alat peraga edukasi keuangan tingkat SD, ke 1.500 SD yang tersebar di seluruh Indonesia. (Ep)

Leave a Reply