Pemkab Lamongan Jajaki Kerjasama dengan Unair

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Sivitas akademika Universitas Airlangga akan terus mewujudkan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu cara untuk mengimplementasikan nilai-nilai tersebut adalah dengan melakukan kerjasama dengan semua pihak, termasuk pemerintah.

Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Lamongan diwakili oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Aris Wibawa, berkunjung ke Unair, Senin (11/4/2016) siang. Delegasi Pemkab Lamongan itu diterima Wakil Rektor III Unair Prof. M. Amin Alamsjah, Ph.D, Ketua Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) Unair Prof. Jusuf Irianto, M.Comm, serta jajaran pimpinan lembaga dan fakultas.

Suasana pertemuan penjajakan kerjasama antara Pemkab Lamongan dengan Universitas Airlangga. Kepala Bappeda Pemkab Lamongan, Aris Wibawa, memaparkan problem di Kab. Lamongan di depan pertemuan di Unair, Senin (11/4/2016)

Dalam pertemuan ini, Aris memaparkan tentang berbagai permasalahan, baik di bidang sosial, ekonomi, politik, dan pendidikan di Lamongan. Aris yang didampingi beberapa staf Pemkab Lamongan berharap adanya tawaran solusi atas permasalahan yang dihadapi Pemkab, khususnya masyarakat Lamongan.

“Kami akan mengajak sivitas akademika Unair untuk menyelesaikan problem berbagai bidang yang ada di Lamongan, mumpung belum terlambat,” tutur Aris

Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya, menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran, meningkatkan daya saing UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), apalagi sekarang sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Kami juga ingin bekerjasama di bidang tata kelola pemerintahan agar lebih transparan dan kredibel. Itu yang utama,” tambah Aris.

Setelah penjajakan kerjasama antara kedua pihak ini, langkah berikutnya Kepala Bappeda Pemkab Lamongan akan mengumpulkan seluruh pegawai terkait, untuk menentukan bidang-bidang yang menjadi skala prioritas untuk dikolaborasikan dengan Unair.

“Kita akan cari skala prioritas. Setelah kita saling berkunjung dan bertemu dengan para ahli di Unair untuk berdiskusi tentang fokus dan solusi permasalahan, kita harapkan pada pertemuan ketiga sudah bisa penandatanganan MoU (memorandum of understanding),” kata Kepala Bappeda Lamongan itu.

Menanggapi kunjungan penjajakan Pemkab Lamongan ini, Prof. Jusuf Irianto, Ketua LP4M Unair mengatakan sivitas akademika Unair siap menjadi bagian dari solusi permasalahan masyarakat di Lamongan.

“Unair memosisikan diri sebagai pihak yang memberikan solusi, karena Unair bisa sebagai solusi bagi semua pihak. Kalau ada masalah, kita coba atasi bersama-sama. Kami menawarkan penelitian, pelatihan, dan pengabdian masyarakat, agar semua pihak terlayani dengan baik,” tutur Prof. Jusuf.

Nantinya, Unair akan berkoordinasi untuk membicarakan hasil pertemuan internal yang dilakukan Pemkab Lamongan. Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair itu menginginkan agar kerjasama yang dijalin kedua pihak bisa menguraikan problem di masyarakat.

“Kita ingin satu program yang sistematis dan terintegrasi, tidak fragmented, dan terjaga keberlanjutannya,” tutur Prof. Jusuf Irianto. (EP)

Leave a Reply

Weekly theme , Seo , Health , Dating , Money , Hotels , Cheap flights