SD Muhammadiyah 4 Surabaya Juara Kompetisi RoboCup Asia untuk yang ke 4 Kalinya

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya memastikan dirinya untuk tampil dan mengikuti kompetisi Robocup tingkat duniadi Leipzig Jerman pada tanggal 30 Juni – 3 Juli 2016 mendatang. Hal ini dikarenakan SD Muhammadiyah 4 Pucang berhasil menjadi juara  1 kompetisi Robo Cup di Singapura.

Firman Fathoni, Alwansyah Muhammad dan Gatra Reyhansyah, mendemontrasikan hasil karyanya yang berhasil menjadi juara 1 kompetisi RoboCup Asia di Singapura

Dikatakan Endik Setyawan penanggungjawab Robotika yang juga guru kelas 6 SD Muhammadiyah Surabaya ini, keberhasilan menjadi juara 1 ini tidak terlepas dari keberanian anak didiknya untuk bertanding di tingkat Asia.

“Anak-anak kami, yakni Firman Fathoni (6B), Alwansyah Muhammad (6B) dan Gatra Reyhansyah (6B), mendapat predikat juara I dalam kategori Rescue Prima,” jelasnya di Surabaya, Selasa (5/4/2016).

Endik juga menjelaskan,bahwa dalam meraih juara di ajang kompetisi Robo Cup di Singapura ini, anak didiknya berhasil mengalahkan 16 tim dari beberapa Negara Asia, seperti China, Korea Selatan, Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia.

“Karena kami berhasil meraih juara 1, maka kami berhak untuk mewakili tingkat Asia, untuk tampil di kompetisi Robocup tingkat dunia di Leipzig Jerman, bersama China dan Singapore,” tambah Endik.

Keberhasilan menjadi juara 1 kali ini, merupakan keberhasiln yang ke empat bagi semakin menambah panjang daftar prestasi keberhasilan para siswa SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, dalam ajang kompetisi RoboCup.

“Ini adalah keberhasilan anak-anak yang ke empat di ajang kompetisi RoboCup, karena sejak tahun 2013 mereka juga berhasil menjadi jawara. Bahkan kalau untuk kategori Robotica, kami sudah mengumpulkan 45 trophy juara,” jelas Endik.

Untuk bersaing di tingkat dunia nanti, menurut Endik, meski tidak boleh merubah apa yang sudah ada, namun ada beberapa gerakan robot yang akan di upgrade, terutama pada sensor gerak menangkap bola. (EP)

Leave a Reply