SMP Hang Tuah Kunjungi KRI Usman Harun

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Sebanyak 216 siswa SMP Hangtuah 5 Sidoarjo mengadakan kunjungan ke Kapal perang Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang sedang bersandar di Dermaga Koamratim Ujung, Surabaya, Senin (16/2).

Ratusan siswa dari kelas tujuh tersebut didampingi oleh kepala sekolah dan 16 guru. Dalam kunjungannya para siswa mengunjungi KRI Usman Harun-359, KRI Bung Tomo-357, KRI Jhon Lie

Rombongan di bagi menjadi beberapa kelompok untuk memudahkan pengawasan dan menghindari penumpukan siswa di satu tempat.         

 Tiap-tiap kelompok siswa didampingi beberapa orang prajurit kapal perang yang dikunjungi sebagai Guide. Para Guide bertugas mengarahkan rute dan menjelaskan tentang ruangan-ruangan yang ada di kapal dan beberapa peralatan yang ada di dalamnya.

Kunjungan tersebut tidak hanya sekedar untuk berwisata dan rekreasi, namun juga bertujuan untuk menambah wawasan  para siswa dan untuk mengenalkan dunia kebaharian sejak dini, yaitu dengan melihat dari dekat Alat Utama Sistem Persenjataan (alutsista) yang dimiliki TNI Angkatan Laut khususnya kapal perang yang ada di Koarmatim serta kehidupan prajurit TNI Angkatan Laut sebagai pengawaknya.

“Selain mengunjungi Kapal Perang, rombongan siswa dari SMP Hangtuah 5 Sidoarjo juga mengunjungi Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya). Memang, Koarmatim telah menjadi icon pariwisata di Jawa Timur, khususnya wisata edukasi bagi anak-anak sekolah maupun mahasiswa,” ujar Kadispen Armatim Letkol Maman Sulaeman. (16/2/2015).

Selain kapal perang dan Monjaya, Koarmatim juga memilikiFleet House, yaitu museum tentang keangkatanlautan yang baru diresmikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) pada akhir tahun 2014. (Red)

Leave a Reply