UNAIR Gelar Tryout SBMPTN 2016

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Universitas Airlangga (UNAIR) bekerjasama dengan Mahasiswa BEM UNAIR dan Koperasi Mahasiswa (Kopma), mengadakan Tryout SBMPTN 2016.

Acara yang berlangsung di Gedung Airlangga Convention Center (ACC) tersebut menurut Rektor UNAIR, Prof., Dr., Moh. Nasih, MT., Ak., merupakan salah satu bentuk upaya BEM UNAIR, selaku panitia, untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Para Peserta Tryout SBMPTN 2016, di Gedung Airlangga Convention Center (ACC), Minggu (15/5/2016)

“Ini merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran, kehadiran BEM disini untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat,” ujar Prof.Nasih, Minggu (15/5/2016).

Prof. Nasih juga menjelaskan, tidak kurang 3000 lulusan calon mahasiswa dari berbagai kota, mengikuti Tes kemampuan, yang bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan akademis dan daya saing peserta, karena diterimanya seorang mahasiswa ke sebuah Perguruan Tinggi ditentukan oleh kemampuan akademis masing-masing peserta.

“Masuk tidaknya calon mahasiswa ke Perguruan Tinggi, semuanya ditentukan oleh kemampuan masing-masing, khususnya kemampuan akademis,” lanjutnya.

Senada dengan Rektor, Ketua Panitia Tryout SBMPTN 2016, Bayu Ari mengatakan bahwa tes ini sebagai bentuk persiapan para peserta dalam mengikuti tes SBMPTN yang akan diadakan serentak pada 31 Mei mendatang.

“Nilai dalam tes kali ini tidak terlalu penting. Yang penting kita tau seberapa besar ukuran kemampuan kita. Dan semoga dengan mengikuti Tryout ini, para peserta dapat diberikan kesempatan masuk ke perguruan tinggi yang diharapkan,” ujar Bayu.

Peserta dari tes kemampuan ini datang dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Jombang, Pekalongan, hingga Banjarmasin. Banyak peserta yang mengaku senang dengan adanya Tryout ini, karena sebagai ukuran kemampuan akademis mereka.

“Senang sih, soalnya bisa buat pembelajaran untuk SBMPTN nanti,” ujar Dila, salah satu peserta Tryout.

Dalam kesempatan itu pula, Prof. Nasih juga mengingatkan kepada para peserta, agar lebih hati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penipuan yang mengatasnamakan UNAIR.

“Hati-hati terhadap penipuan, di UNAIR tidak ada pembayaran selain untuk biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal), mungkin kalau ada penarikan. hanya untuk biaya ganti fotokopi,” tegas Prof.Nasih. (EP)

Leave a Reply