Universitas Ciputra Gelar Rakernas Hildiktipari

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Potensi pariwisata Indonesia yang terdiri dari obyek dan daya tarik wisata, infrastruktur, juga sumber daya manusia (SDM) yang sangat besar, diyakini mampu menciptakan kesejahteraan bagi seluruh komponen bangsa.

Dan untuk meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia, kesiapan SDM Indonesia di bidang pariwisata menjadi elemen penting bagi daya saing Indonesia yang dalam beberapa hari lagi akan memasuki era baru, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Universitas Ciputra Gelar Rakernas Hildiktipari

Dalam konteks inilah, Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada hari Senin-Selasa (14-15/12/2015).

Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc., Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, yang bertindak sebagai keynote speaker, menyampaikan “Arah Kebijakan Dikti dalam Rangka Pembinaan Lembaga Pendidikan Tinggi, Khususnya di Bidang Pariwisata”.

Pertemuan yang dihelat di di kampus Universitas Ciputra Surabaya tersebut, juga diisi dengan lokakarya terkait tri dharma perguruan tinggi (pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat) khususnya di bidang pariwisata.

Program Studi Bisnis Hospitaliti, Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra, yang menjadi tuan rumah acara, menyikapi kesiapan SDM bidang pariwisata sebagai isu strategis dalam tugasnya sebagai pendidikan tinggi.

Dikatakan Ketua Program Studi International Hospitality and Tourism Business Universitas Ciputra, Agoes Tinus Lis Indrianto, S.S., M.Tourism, sebagai satu-satunya  universitas yang memiliki Program Strata 1 Pariwisata di Jawa Timur, Universitas Ciputra bekerjasama dengan Hildiktipari bisa menjadi pusat kreatifitas akademik dalam penelitian dan pengembangan untuk dimanfaatkan sebagai referensi perkembangan pariwisata Jawa Timur.

“Melalui Rakernas ini diharapkan memberi inspirasi bagi para pemangku kepentingan di bidang pariwisata di Indonesia, untuk menyumbangsihkan yang terbaik dan unggul, sesuai latar belakang dan kapasitas masing-masing,” tambah Agoes Tinus.  (Ep)

Leave a Reply